syariah@uinkhas.ac.id -

WUJUDKAN PENDIDIKAN HUKUM YANG IDEAL, FASYA GELAR WEBINAR NASIONAL BEST PRACTICE PENDIDIKAN HUKUM

Home >Berita >WUJUDKAN PENDIDIKAN HUKUM YANG IDEAL, FASYA GELAR WEBINAR NASIONAL BEST PRACTICE PENDIDIKAN HUKUM
Diposting : Senin, 06 Dec 2021, 07:48:33 | Dilihat : 577 kali
WUJUDKAN PENDIDIKAN HUKUM YANG IDEAL, FASYA GELAR WEBINAR NASIONAL BEST PRACTICE PENDIDIKAN HUKUM


Media Center - Dalam rangka memperkuat tata kelola Pendidikan Hukum di Perguruan Tinggi, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember sukses menggelar acara Webinar Nasional “Best Practice Pendidikan Hukum di Perguruan Tinggi” pada pukul 13.00-15.00 WIB (1/12). Acara berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting dan Youtube.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang acara ini salah satunya adalah mengetahui idealitas Perguruan Tinggi dalam hal pendidikan hukum.

“Kajian mengenai pendidikan hukum juga mendukung perwujudan kebijakan pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia, dengan adanya acara kolaborasi ini bertujuan untuk mengetahui praktik terbaik serta inovasi-inovasi baru di setiap Perguruan Tinggi sehingga mencapai ideal dari Best Practice Pendidikan Hukum di Perguruan Tinggi,” ujar Prof. Harisudin yang juga sebagai Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.

Dr. Rodiyah, S.Pd., SH, M.Si. sebagai narasumber dalam acara tersebut menyampaikan beberapa hal dalam Best Practice Hukum. Diantaranya tahapan penyusunan kurikulum, kerangka kualifikasi Nasional, logika kompetensi lulusan, keterampilan umum dan khusus Fakultas Hukum di setiap Universitas.

“Peningkatan prestasi mahasiswa maupun dosen seperti publikasi tulisan juga menjadi hal yang sangat mendukung dalam implementasi Best Practice Perguruan Tinggi,” ujar Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang itu.

Di sisi lain, Dr. Fitriani Ahlan Sjarif, S.H., M.H. menyampaikan materi berdasarkan pengalamannya selama menjadi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Hukum yang perlu diperhatikan diantaranya pengajar, bidang studi, manajemen pendidikan, mencetak lulusan Sarjana Hukum serta sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan Fakultas Hukum,” terangnya yang juga Sektretaris Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Kemajuan pendidikan di Perguruan Tinggi merupakan tugas serta kewajiban dari setiap Universitasnya melalui visi-misi yang diusung. Namun, dengan adanya acara ini dapat memberikan cahaya-cahaya baru bagi Perguruan Tinggi umumnya dan fakultas Syariah/Hukum khususnya dalam meningkatkan keilmuan dalam pendidikan hukum.

Hadir sebagai narasumber dari internal Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. memaparkan tentang rasionalisasi PTKIN serta beberapa poin-poin penting yang telah dilaksanakan dalam memajukan Fakultas.

"Semakin rendah pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Sarjana dan Penegak Hukum, maka semakin tinggi keberhasilan Perguruan Tinggi Hukum begitupun sebaliknya"

Indikator keberhasilan Perguruan Tinggi yaitu lulusan yang mempunyai peran dan manfaat yang baik untuk pembangunan hukum di Indonesia. Semakin banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Sarjana dan Penegak Hukum maka reputasi pendidikan Perguruan Tinggi Hukum akan semakin rendah.

"Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menganut Five Care Values diataranya Integrity, Innovation, Self development, Respect dan Team work,” tambah Dr. Martoyo

 

Reporter : Fadilah

Editor : Siti Junita

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;