syariah@uinkhas.ac.id -

WORKSHOP PENELITIAN MEDIA CENTER, DR. UBAIDILLAH AJAK MAHASISWA JADIKAN PENELITIAN SEBAGAI HOBI

Home >Berita >WORKSHOP PENELITIAN MEDIA CENTER, DR. UBAIDILLAH AJAK MAHASISWA JADIKAN PENELITIAN SEBAGAI HOBI
Diposting : Minggu, 19 Sep 2021, 09:20:13 | Dilihat : 294 kali
WORKSHOP PENELITIAN MEDIA CENTER, DR. UBAIDILLAH AJAK MAHASISWA JADIKAN PENELITIAN SEBAGAI HOBI


Media Center- Penelitian yang berkualitas merupakan syarat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di Perguruan Tinggi. Untuk itu, perlu adanya peningkatan kualitas penelitian melalui pelatihan menulis bagi mahasiswa agar menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi . Media Center Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Workshop Kepenulisan bertema “Pelatihan Meneliti Untuk Mahaasiswa”. Acara berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu pagi pukul 10.00 WIB (18/9).

Acara dibuka langsung oleh Ilham Febri Pratama sebagai moderator, menghadirkan pemateri yaitu Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN KHAS Jember, Dr. H. Ubaidillah Nafi’, M.Ag. Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. mengapresiasi acara ini sebagai ikhtiar mahasiswa dalam mengoptimalkan media untuk terus belajar.

“Pada zaman yang semakin canggih ini, diharapkan mahasiswa mampu memanfaatkan media online untuk banyak belajar kepada sumber yang hebat. Sebab sekarang bukan lagi masalah sedikit banyak, namun mau atau tidak kita untuk belajar menggali ilmu dan wawasan, ”tutur Guru Besar UIN KHAS Jember dalam sambutannya.

Siti Junita dalam sambutannya memaparkan bahwa acara ini diharapkan dapat meningkatkan daya kreativitas dan intelektualitas mahasiswa dalam hal kepenulisan.

“Menulis adalah ilmu praktik sehingga diharapkan setelah adanya acara ini akan lahir tulisan yang berkualitas tinggi dari kalangan mahasiswa terutama di lingkungan UIN KHAS Jember,” jelas Sekretaris Umum Media Center itu.

Pada kesempatan itu, narasumber menyampaikan materi dengan begitu kompleks mulai dari hakikat penelitian, tahapan penelitian, sistematika proposal sampai penjelasan terkait laporan hasil penelitian. Selain itu, Ubaidillah juga menyampaikan tips penelitian yang baik dengan metode researchable.

“Penelitian yang baik adalah penelitian yang researchable yaitu menentukan topik, lokasi dan objek yang sesuai dengan ketentuan research dan sesuai kemampuan peneliti, ” ujarnya yang juga Peneliti di Diktis dan Dikti.

Diperkuat oleh argumennya yang menjelaskan bahwa kunci penelitian adalah sifatnya mendalam karena sesuai dengan kompetensi penulis dan paham pada metode penelitian yang digunakan.

“Penelitian yang baik adalah memahami kekuatan dan kompetensi peneliti, juga disesuaikan dengan seberapa banyak kompetitor mengenai topik yang sama. Sebab penelitian yang baik juga adalah penelitian yang memiliki ciri khas dalam topik dan pembahasannya” tambahnya.

Peserta yang mengikuti sangat antusias, bahkan bukan hanya anggota Media Center Fakultas Syariah saja, dari perguruan tinggi lain dan umum juga sangat banyak. Hal ini sangat wajar karena begitu banyak minat mahasiswa tingkat akhir yang banyak menggunakan pendekatan penelitian untuk skiripsi.

“Jadikanlah penelitian sebagai hobi yang menarik sebagai kaum akademisi, karena di samping belajar kita juga kaya akan relasi dan pengalaman,” pungkas Dewan Penasehat Ikatan Pesantren Indonesia itu kepada mahasiswa.

 

Reporter: Silvia Nur Azizah

Editor: Siti Junita

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;