syariah@uinkhas.ac.id -

USAHA BERBUAH KESEMPATAN, NISA ALUMNI SYARIAH RAIH PROFESI SEBELUM DIWISUDA

Home >Berita >USAHA BERBUAH KESEMPATAN, NISA ALUMNI SYARIAH RAIH PROFESI SEBELUM DIWISUDA
Diposting : Minggu, 02 Apr 2023, 11:56:45 | Dilihat : 2788 kali
USAHA BERBUAH KESEMPATAN, NISA ALUMNI SYARIAH RAIH PROFESI SEBELUM DIWISUDA


Media Center- Wajah alumni merupakan wajah dari Perguruan Tinggi kita. Kesuksesan alumni dalam meraih karirnya merupakan kesuksesan Perguruan Tinggi kita pula. Berbicara mengenai kesuksesan alumni dalam meraih karirnya, alumni Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember memiliki banyak lulusan yang telah sukses serta memiliki berbagai pencapaian.

Salah satunya ialah Hoirun Nisa. Hoirun Nisa yang akrab dipanggil Nisa merupakan salah satu alumni Fakultas Syariah UIN KHAS Jember lulusan 2023. Nisa, alumni mahasiswa program studi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah itu, berhasil mendapatkan karirnya menjadi salah satu staf admin atau disebut sebagai PHL (Pegawai Harian Lepas) di unit TIPIDTER (Tindak Pidana Tertentu) di Polres Jember, Jawa Timur. Uniknya, Nisa mendapatkan karirnya sebelum meraih gelar wisudanya.

"Senang Alhamdulillah, kesempatan tidak datang dua kali. Itu pengalaman baru, suasana baru, dan ilmu baru buat aku." ujar Nisa.

Dibalik pencapaiannya itu, Nisa merupakan seorang anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Meskipun berlatar belakang dari keluarga yang kurang mampu, tidak menyurutkan semangat Nisa dalam meraih mimpinya untuk meneruskan kuliah.

Hoirun Nisa merupakan putri pertama dari pasangan Sugiran dan Sulastri. Sugiran bekerja sebagai kuli bangunan dan Sulastri sebagai ibu rumah tangga. Luar biasanya, Sugiran dan Sulastri berhasil memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Pendidikan Nisa yang tempuh diawali  dengan masuk di SDN 477 Surabaya lulus pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan di SMPN 47 Surabaya lulus pada tahun 2015. Kemudian di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya yang lulus pada tahun 2018 dan di IAIN Jember yang kini telah berganti status menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember lulus pada tahun 2023.

“Alhamdulillah saya keterima kuliah di IAIN Jember di Fakultas Syariah walaupun awalnya mendapat penolakan dari orang tua karena harapannya saya sebenarnya masuk di Universitas yang ada di surabaya. Tapi Alhamdulillah karena diberi pengertian akhirnya saya diizinkan untuk kuliah di Jember”. Terang Nisa.

Selama  kuliah di IAIN Jember atau yang saat ini telah berganti menjadi UIN KHAS Jember, Hoirun Nisa memiliki tantangan kurang percaya diri dan malu untuk berhadapan dengan orang banyak, namun hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Nisa untuk belajar dan meningkatkan  kemampuannya.

Selain belajar secara serius di bangku kuliah, Nisa juga banyak mengikuti pengalaman praktik di luar kelas, diantaranya yaitu dengan mengikuti magang bersama advokat. Kegiatan magang tersebut diikutinya sebelum bekerja di unit TIPIDTER Polres Jember.

Ketika  proses magang tersebut, Nisa mendapat banyak pengalaman terutama dalam penyusunan berkas perkara, membuat surat kuasa, dan melakukan komunikasi dengan bebarapa klien. Secara tidak sengaja dan tidak disangka dalam kegiatan magangnya bersama advokat ia mendapatkan karirnya.

“Jadi ketika itu di hari selasa secara kebetulan dan gak disangka-sangka waktu saya masih magang bersama pak Mohammad Hasby As Shiddiqi, S.HI. dalam mendampingi perkara di Polres, kebetulan di unit TIPIDTER ada lowongan yang membutuhkan tenaga administrasi sebagai penunjang kinerja penyidik. Jadi di hari itu juga mengajukan dan saya langsung dipanggil Kanit (Kepala Unit)-nya untuk diinterview dan alhamdulillah diterima.” ungkap alumni Fakultas Syariah asal Surabaya itu.

Lebih lanjutnya, Nisa juga berpesan kepada adik-adik mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember agar selalu berhati-hati dalam bertindak serta untuk selalu mencoba hal baru setiap ada kesempatan.

“Pesan saya, sesuai dengan asas hukum yang berbunyi Alterum Non Laedere yang artinya perbuatan yang dilakukan jangan sampai merugikan pada orang lain dan saya juga berpesan jangan takut untuk mencoba hal baru, perbanyak relasi dan ambillah setiap kesempatan selagi itu menguntungkan di masa depan”.

Reporter : Silvia Faizzatur Rosida

Editor: Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;