syariah@uinkhas.ac.id -

TINDAK LANJUT PERTEMUAN WALI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH RESMI LAUNCHING FORSIWAMA

Home >Berita >TINDAK LANJUT PERTEMUAN WALI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH RESMI LAUNCHING FORSIWAMA
Diposting : Selasa, 04 Jan 2022, 07:08:08 | Dilihat : 460 kali
TINDAK LANJUT PERTEMUAN WALI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH RESMI LAUNCHING FORSIWAMA


Media Center- Kemajuan suatu instansi pendidikan dapat tercermin dari outputnya yaitu integritas dan kualitas mahasiswa. Dalam upaya menggapai hal tersebut, tentu diperlukan adanya kerjasama dan sinergitas yang baik dan kompak antara pihak Fakultas dengan orang tua wali mahasiswa. Maka dari itu, pada (21/12) lalu Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember telah menggelar Temu Wali Mahasiswa pada Senin, (03/01) pukul 12.30-16.00 WIB, bertempat di Masjid Sunan Kalijaga UIN KHAS Jember dihadiri oleh 320 wali mahasiswa dari berbagai daerah.

Pimpinan yang turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E., M.M (Rektor UIN KHAS Jember), Dr. H. Hefni Zain, MM (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I (Dekan Fakultas Syariah), para Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium, serta Kepala Bagian dan Analisis Keuangan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari acara tersebut, Dekan Fakultas Syariah, Prof Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I memberikan jembatan antara pihak Fakultas Syariah dan wali mahasiswa dengan membentuk Forum Silaturahmi Wali Mahasiswa (Forsiwama) merupakan forum komunikasi yang dibentuk dari hasil Temu Wali Mahasiswa

K. Hasan Basri, M. Pd. sebagai Ketua terpilih menjelaskan, fokus utama adanya forum ini adalah untuk perkembangan aktivitas belajar mahasiswa yang melibatkan peran para orang tua demi keberhasilan perkuliahan mereka melalui komunikasi baik yang terjalin antara mahasiswa, wali mahasiswa, dan civitas akademika Fakultas Syariah.

"Untuk saat ini kami belum dapat memastikan program lengkapnya, namun prioritas kami adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara semua pihak mulai dari mahasiswa, para orangtua, dan fakultas dengan harapan mereka akan belajar dengan baik nantinya ketika di kampus," lugasnya saat ditanya mengenai program kerja Forsiwama.

Hasan Basri mengaku senang dengan terpilihnya ia sebagai Ketua Forsiwama dan berharap kedepannya dapat mengemban amanah dengan baik

“Saya akan berusaha dengan maksimal atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya sebagai Ketua Forsiwama 2021,” tegas Hasan Basri.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E., M.M. sebagai Rektor UIN KHAS Jember menegaskan pentingnya sinergi antara Fakultas Syariah dengan para wali mahasiswa untuk bersama-sama mengawal proses pendidikan di UIN KHAS Jember.

“Ini sangat penting bagi keberhasilan para mahasiswa dalam belajar, jika ada masukan maka wali mahasiswa dapat menyalurkan pada pimpinan Fakultas Syariah. Ini juga terkait dengan apa saja yang menyangkut dinamika kemahasiswaan seperti informasi beasiswa dan hal-hal terkait lainnya,” ungkap Prof. Babun.

Selanjutnya, Wakil Rektor III UIN KHAS Jember, Dr. H. Hefni Zain, MM. menyatakan, wali mahasiswa merupakan elemen penting sebagai penopang utama suksesnya para mahasiswa dalam masa studi.

“Oleh karena itu, silaturahmi harus sering diselenggarakan dalam berbagai bentuk forum,” ujar Dr. Hefni Zain.

Menurut Wakil Dekan III Fakultas Syariah, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. menyatakan Forsiwama bertujuan sebagai forum silaturahmi diantara wali mahasiswa dengan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Alhamdulillah, melalui SK Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember sudah terbentuk struktur Pengurus Forsiwama Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang terdiri atas 10 orang wali mahasiswa yang dinahkodai oleh K. Hasan Basri, M. Pd. Sebagai Ketua Forsiwama angkatan 2021,” tutur Dr. Martoyo.

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I. berharap dengan adanya Forsiwama ini dapat menjadi media interaktif antara Fakultas Syariah dan Wali Mahasiswa.

“Harapan saya semoga dari lahirnya Forum ini dapat menjadi wadah penyampaian aspirasi wali mahasiswa kepada pihak fakultas dan berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh pihak fakultas kepada para orangtua, sehingga keberadaannya tidak sebatas formalitas saja namun juga perannya benar-benar berjalan semestinya," pungkas Prof. Harisudin yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.

 

Reporter : Camelia Nailul Rahmah Rhusandy

Editor : Erni Fitriani

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;