syariah@uinkhas.ac.id -

TIM DEBAT FAKULTAS SYARIAH RAIH JUARA 2 LOMBA DEBAT SE-TAPAL KUDA 2022

Home >Berita >TIM DEBAT FAKULTAS SYARIAH RAIH JUARA 2 LOMBA DEBAT SE-TAPAL KUDA 2022
Diposting : Rabu, 02 Feb 2022, 07:28:41 | Dilihat : 365 kali
TIM DEBAT FAKULTAS SYARIAH RAIH JUARA 2 LOMBA DEBAT SE-TAPAL KUDA 2022


Media Center – Tim Debat Law Research and Debate Community (LRDC) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember berhasil meraih juara 2 dalam acara Debate Competition Law Fair VII se - Tapal Kuda yang diselengarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Jember pada Senin (31/1).

Kompetisi debat ini diikuti oleh 15 tim dari berbagai kampus di kawasan Tapal Kuda, seperti Universitas Jember (UNEJ), Universitas Nurul Jadid (UNUJA), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Situbondo, Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Jember, dan UIN KHAS Jember yang diwakili oleh tim debat LRDC Fakultas Syariah.

Adapun anggota tim debat LRDC tersebut ialah Muhammad Nawafil (Hukum Tata Negara 2019) dan Restu Singgih Dwi Adelia (Hukum Tata Negara 2019).

Ketua tim debat LRDC, Muhammad Nawafil, menyampaikan persiapan yang dilakukan dengan relatif singkat tidak menyurutkan semangat mereka hingga meraih gelar juara.

“Alhamdulillah, meski persiapan hanya dilakukan selama 2 hari, kami selalu optimis dalam berusaha dan berdoa. Pada akhirnya kami berhasil meraih gelar juara 2. Masih banyak yang harus dievaluasi untuk ajang lomba selanjutnya,” ucap Nawafil.

Kompetisi perdebatan dimulai dari babak penyisihan, semifinal, hingga final. Pada babak final, tim debat LRDC berhadapan dengan perwakilan tim debat dari Fakultas Hukum Universitas Jember (UNEJ).

Berkat dukungan dari beberapa pihak serta usaha yang optimis, akhirnya mereka berhasil mendapat juara 2 di ajang Debate Competition Law Fair VII se - Tapal Kuda tersebut. Ia merasa bangga atas usaha dari timnya dan menjadi bahan evaluasi untuk terus lebih baik ke depannya.

Basuki Kurniawan, M.H., Pembina LRDC yang juga ikut menemani dalam berlangsungnya lomba mengungkapkan rasa bangganya atas di perolehnya prestasi tim debat LRDC, sehingga akan menjadi acuan untuk lebih semangat dan optimis dalam ajang debat ke depannya.

“Saya cukup bahagia teman-teman bisa menjadi juara 2 lomba debat se - Tapal Kuda, dan ini merupakan bagian dari tolok ukur untuk pengurus baru LRDC. Setelah ini kita akan fokus untuk bisa memenangkan lomba debat selanjutnya, baik dalam tingkat regional, nasional ataupun internasional,” tuturnya yang juga Dosen Fakultas Syariah.

Selain itu, Basuki sangat berharap agar LRDC selalu semangat meningkatkan kemampuannya dalam hal dan bidang apapun.

“Harapan kami kedepannya untuk LRDC agar selalu meningkatkan kemampuannya terutama dalam bidang komunikasi, dan saya berharap teman-teman mahasiswa bisa bergabung baik di KOMPRES, KOMPAS ataupun LRDC untuk meningkatkan skill kemampuan akademik dan non akademiknya,” tambahnya.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. mengaku bersyukur karena ini sebagai wujud dari tujuan Fakultas Syariah untuk mewujudkan mahasiswa yang selalu menorehkan prestasi.

“Selamat untuk LRDC walaupun baru 1 tahun tapi sudah memberikan kontribusi yang besar dan menorehkan kiprahnya di kemahasiswaan terutama di bidang lomba debat hukum,” ucap Guru Besar UIN KHAS Jember itu.

Prof. Haris juga menyampaikan harapannya agar LRDC terus belajar dan terus bergerak untuk menjadi kader-kader terbaik yang dimiliki Fakultas Syariah.

“Harapan untuk LRDC adalah teruslah memberikan yang terbaik, jangan pernah lelah untuk selalu belajar, kalau hari ini sudah bisa merebut kemenangan di tingkat Tapal Kuda, dilain waktu harus ke tingkat Jawa Timur, kemudian tingkat Nasional hingga Internasional,” pungkasnya.

 

Reporter: Wahed Zaini

Editor: Siti Junita

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;