syariah@uinkhas.ac.id -

TARGET AKREDITASI UNGGUL PADA TAHUN 2022, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING SISTEM AKREDITASI TERINTEGRASI

Home >Berita >TARGET AKREDITASI UNGGUL PADA TAHUN 2022, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING SISTEM AKREDITASI TERINTEGRASI
Diposting : Senin, 06 Dec 2021, 15:16:15 | Dilihat : 489 kali
TARGET AKREDITASI UNGGUL PADA TAHUN 2022, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING SISTEM AKREDITASI TERINTEGRASI


Media Center- Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang untuk menilai predikat lembaga. Akreditasi menjadi citra lembaga di mata masyarakat. Maka untuk mendapatkan hasil yang unggul perlu persiapan matang.

Berkenaan dengan hal demikian, perlu Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember untuk menyiasati dengan trik dan strategi tertentu. Terhitung sejak tahun 2019, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember melaunching Akreditasi Center Fakultas Syariah untuk membantu monitoring perkembangan guna persiapan akreditasi.

“Secara berkala kami melaporkan progres masing-masing program studi,” jelas Dr. Muhammad Faisol, M.Ag., sebagai Wakil Dekan I Fakultas Syariah.

Selanjutnya, pada 30 November 2021 juga telah melaunching Sinouri (Sistem Informasi Online untuk Akreditasi Terintegrasi). Sinouri merupakan platform digital inovatif yang dijadikan sebagai rumah data untuk membackup semua keperluan akreditasi Fakultas Syariah. Keberadaan Sinouri sangat penting karena akan memudahkan untuk mengakses data yang diperlukan saat Asesmen Lapangan (AL).

Peresmian Sinouri dilaksanakan di Hotel RedDorz Syariah @Hotel 91 Jember pada Selasa 30/11 oleh Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Noor Harisudin, M. Fil. I. yang pula dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Di dalam Sinouri terdapat aplikasi yang bisa digunakan untuk pencarian data-data Fakultas Syariah,” terang Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I.

Persiapan ini dimaksudkan agar seluruh akreditasi program studi Fakultas Syariah pada tahun 2022 dapat menjadi akreditasi yang unggul.

“Tahun 2020 pengerjaan borang akreditasi dimulai, tahun 2021 tahap penyempurnaan. Tim terus memburu data dari Fakultas serta program studi menyelenggarakan kegiatan yang mendukung terselenggaranya akreditasi,” lugas Prof. Harisudin yang juga Ketua APHTN HAN.

Tidak hanya itu, presentasi dan simulasi borang juga dilakukan baik LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) maupun LED (Laporan Evaluasi Diri) dan juga memperhatikan masukan dari berbagai sumber.

Penghimpunan data secara terstruktur dan masif juga terus dilakukan oleh Tim Media Center Fakultas Syariah melalui website fakultas. Dengan kekompakan tim serta kelengkapan data dalam Sinouri, semua program studi yang ada di Fakultas Syariah akan memperoleh nilai yang unggul. Setelah data terkumpul, akan direview terlebih dahulu oleh asesor internal dan juga eksternal. Sehingga bisa dipastikan sebelum ke BAN-PT persiapannya sudah maksimal.

“Untuk menuju unggul, sistem informasi online harus dipersiapkan oleh Fakultas Syariah dengan membuat Sinouri. Dan di antara fakultas lain, Fakultas Syariah yang pertama kali melaunchingkan sistem akreditasi online,” komentar Dr. Sri Lumatus Sa’adah, M.H.I. yang juga sebagai Tim Asesor BAN-PT.

 

Reporter : Arinal Haq

Editor: Nury Khoiril Jamil

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;