syariah@uinkhas.ac.id -

SPESIAL HARI SANTRI, DEKAN FAKULTAS SYARIAH GELAR WORKSHOP DAN E-COACHING PENULISAN BUKU

Home >Berita >SPESIAL HARI SANTRI, DEKAN FAKULTAS SYARIAH GELAR WORKSHOP DAN E-COACHING PENULISAN BUKU
Diposting : Jumat, 29 Oct 2021, 16:15:16 | Dilihat : 317 kali
SPESIAL HARI SANTRI, DEKAN FAKULTAS SYARIAH GELAR WORKSHOP DAN E-COACHING PENULISAN BUKU


Media Center- Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional yang tepatnya jatuh pada (22/10) lalu, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember dengan segala rentetan kegiatannya telah sukses menggelar acara “Workshop dan E-Coaching Penulisan Buku untuk Mahasiswa Dan Santri” pada Kamis, (28/10). Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, PW Lembaga Ta'lif wa an-Nasyr NU Jawa Timur dan Asosiasi Penulis dan Peneliti Islam Nusantara.

Acara tersebut dilaksanakan secara hybrid yaitu bertempat di Aula VIP Lantai 2 Fakultas Syariah secara offline, dan melalui aplikasi zoom meeting secara online. Acara tersebut merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya yakni lomba artikel ilmiah dalam rangka Hari Santri Nasional mengangkat tema “Peran Santri dalam membumikan Islam Nusantara di Era digital 4.0”. Acara itu dibuka secara langsung oleh Ilham Febri Pratama sebagai moderator.

Siti Junita sebagai Ketua Panitia Hari Santri Nasional dalam sambutannya menyebutkan, dirinya sangat bersyukur karena banyaknya antusias peserta dalam mengikuti lomba tersebut.

“Alhamdulillah lomba artikel dalam memperingati hari santri ini diikuti oleh 73 peserta, baik dari kalangan mahasiswa, dosen dan seluruh akademika di tingkat nasional,” tutur salah satu anggota Media Center.

Selanjutnya, H. Ahmad Najib A.R. sebagai Ketua PW LTN NU Jawa Timur dalam sambutannya berharap dengan terselenggaranya acara ini mampu melahirkan banyak penulis-penulis handal yang produktif dan juga berkualitas dari kalangan mahasiswa maupun santri.

“Bacalah maka engkau akan mengenal dunia. Dan tulislah maka engkau akan dikenal dunia,” tegas Ahmad Najib dengan semangat.

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I., dalam sambutannya menambahkan, pentingnya menggencarkan tradisi menulis di kampus UIN KHAS Jember, dimulai dari Fakultas Syariah, sehingga nantinya akan banyak rujukan-rujukan baru dan berkualitas.

“Kalau dosen menulis buku itu sudah biasa. Tapi kalau mahasiswa yang menulis buku itu luar biasa,” tutur Ketua Umum ASPIRASI itu.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan reward kepada para pemenang 3 besar lomba artikel HSN yang diwakilkan dan selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis buku hasil karya Dewan Ahli Media Center M. Irwan Zamroni Ali, S.H., berjudul “Peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila; dalam menangkal Radikalisme Agama Perspektif Para Tokoh Jawa Timur” kepada Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Wildan Rofikil Anwar, S.H., sebagai Ketua Umum Media Center. Hal ini membuktikan bahwa Media Center Fakultas Syariah tak pernah berhenti berkarya baik dari mahasiswa maupun dosen.

Juara 1 lomba artikel HSN diraih oleh Laili Abidah dengan judul “The Wonderfull of Megengan”, Juara 2 diraih oleh Muhammad Nur Fauzi dengan judul “Paradigma Pemikiran Islam Nusantara”, dan Juara 3 diraih oleh Khoirotul Ni’amah dengan judul “Pesantren, Santri dan Agensi”.

Pada kesempatan tersebut Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mengundang narasumber dari Unit Keredaksian Intrans Publishing Group, Abdur Rahim, S. S., M. Pd., pada pemaparan materinya, dijelaskan terkait pentingnya menulis, pilar perbukuan, kontribusi Indonesia dalam menciptakan buku untuk dunia akademisi, tips mengolah analisis kata agar mudah dibaca, tips mengolah skripsi menjadi buku.

“Menjadi seorang penulis tentu membutuhkan tekad yang kuat. Berbagai halangan dan rintangan yang harus dihadapi. Namun pekerjaan menulis bukanlah suatu pekerjaan yang harus dilebih-lebihkan kerumitannya,” tutur Abdur Rahim yang juga Sekretaris Da’i Intelektual Nusantara Network (D INUN).

Penataan pola pikir (mindset) diawal sebelum menulis itu sangat penting. Hal itu yang akan menentukan sebagai pendorong atau penghambat dalam proses kedepannya.

“Otak kita itu harus benar-benar menjadi bagian dari spirit literasi. Kalau kami di penerbit selalu terpatri dalam pikiran kita, ‘Aku buku’,” ujar Abdur Rahim yang juga Divisi Literasi dan Kepustakaan Pesantren PWLTNU Jatim.

Acara berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB, diikuti dengan antusias oleh puluhan peserta yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Reporter: Lia Amelia Rahmah

Editor: Erni Fitriani

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;