syariah@uinkhas.ac.id -

SILATURAHIM KE FUAH, FAKULTAS SYARIAH CARI TAHU TIPS DAPATKAN PREDIKAT AKREDITASI UNGGUL

Home >Berita >SILATURAHIM KE FUAH, FAKULTAS SYARIAH CARI TAHU TIPS DAPATKAN PREDIKAT AKREDITASI UNGGUL
Diposting : Rabu, 09 Oct 2022, 13:39:48 | Dilihat : 258 kali
SILATURAHIM KE FUAH, FAKULTAS SYARIAH CARI TAHU TIPS DAPATKAN PREDIKAT AKREDITASI UNGGUL


Media Center - Dalam rangka mengapresiasi atas diraihnya predikat akreditasi unggul di tiga prodi Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUAH) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember serta ngangsu kaweruh, Dekan dan Tim Akreditasi Fakultas Syariah mengadakan kunjungan silaturrahim ke FUAH. Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis (6/10) pukul 14.00 WIB 16.00.

Dekan FUAH, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag., M.Si., beserta Tim Akreditasi FUAH menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dan kunjungan silaturrahim yang dilakukan oleh Fakultas Syariah. Prof. Khusna juga menuturkan capaian yang diperoleh oleh FUAH tidak lepas dari kekompakan dan kerjasama dari semua pihak.

"Intinya selalu menjaga kekompakan dan cepat tanggap dengan arahan dari pimpinan maupun asesor internal," ujar Prof. Khusna Amal. 

Di sisi lain, Prof. Khusnal Amal juga menjelaskan bahwa dalam menggapai akreditasi unggul bukan suatu proses yang instan, perlu persiapan dalam kurun waktu relatif lama. Adapun prosesnya diawali dengan pembentukan tim, kemudian evaluasi tim dan mengerjakan borang akreditasi mulai C1 sampai C9. Selanjutnya masuk pada tahap simulasi nilai oleh asesor internal BAN-PT secara berkali-kali sampai borang dianggap layak oleh asesor untuk disubmit di SAPTO untuk mendapatkan penilaian BAN-PT.

"Selain itu, perlu juga adanya kesolidan antar tim serta dibutuhkan ketangguhan dan kesabaran karena mengerjakan borang akreditasi sangat berat," tambah Prof. Khusna Amal

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Uun Yusufa, M.A. turut memaparkan tips mendapatkan nilai akreditasi unggul. Dia menyebutkan beberapa poin penting yang harus dilakukan, pertama membangun tim yang solid yang mampu kerja keras dan kerja cerdas. Kedua, memenuhi indikator penilaian di KK yang telah disampaikan asesor. Ketiga, sebisa mungkin jika ada yang kurang segera dipenuhi walaupun sedikit mengarang. 

"Kemudian tips terakhir ini juga penting yaitu percaya nasib. Seberapa bagus borang jika tidak didukung Allah, pasti juga tidak unggul," papar Dr. Uun yang juga sebagai Wakil Dekan I FUAH.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah mengungkapkan bahwa antara Fakultas Syariah dan FUAH mempunyai rancangan program yang harus direalisasikan secara giat. Dengan demikian, Fakultas Syariah perlu menanyakan tentang strategi menggapai akreditasi unggul sebagaimana yang diraih FUAH tersebut.

"Antara FUAH dan Syariah mempunyai sinergitas program. Oleh karenanya, mendengar FUAH dapat akreditasi unggul, maka Fakultas Syariah perlu menanyakan caranya dapat akreditasi unggul. Bagaimanapun juga kualitas lembaga dapat dilihat dari hasil akreditasinya," ungkap Prof. Haris yang juga Ketua PP HTN-HAN.

Lebih lanjut, Dr. Sri Lumatus Saadah, M.H.I. mengungkapkan bahwa di Fakultas Syariah terdapat tiga Prodi yang akan reakreditasi, yakni Prodi Hukum Tata Negara (HTN), Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Prodi Hukum Pidana Islam (HPI). Kemudian satu prodi yang sedang mengajukan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi, yakni Prodi Hukum Keluarga (HK).

"Di Fakultas Syariah ada tiga prodi yang mau reakreditasi, dan satu prodi mengajukan ISK. Semoga dengan kunjungan ini, mendorong kami Tim Fakultas Syariah untuk lebih semangat lagi," ungkap Wakil Dekan II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

 

Reporter : Moh. Ramdhan Harisuddin

Editor : Arinal Haq

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;