syariah@uinkhas.ac.id -

SIAP KEMBANGKAN MUTU FAKULTAS, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN BIMTEK KENAIKAN PANGKAT

Home >Berita >SIAP KEMBANGKAN MUTU FAKULTAS, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN BIMTEK KENAIKAN PANGKAT
Diposting : Rabu, 10 Aug 2022, 07:51:01 | Dilihat : 352 kali
SIAP KEMBANGKAN MUTU FAKULTAS, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN BIMTEK KENAIKAN PANGKAT


Media Center- Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar kegiatan dengan tema, “Bimtek Kenaikan Pangkat dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Dosen Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Fakultas” pada Senin, (8/8). Acara yang bertempat di Auditorium VIP Lantai 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 hingga jam 12.00 WIB.  

Bimtek ini dipandu langsung oleh Wakil Dekan II, Dr. Sri Lumatus Sa’adah, M.H.I dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syari’ah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I,. Selain mengundang dua narasumber ahli yakni Uke Cahya Ningrum, SE.Sy dan Muhamad Ali Maqfur, SE. , acara ini juga mengundang puluhan peserta dosen baik yang muda maupun dosen senior.

Wakil Dekan II, Dr. Sri Lum’atus Sa’adah, M.H.I menyampaikan, bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diharapkan dapat membantu Dosen Fakultas Syariah untuk mengetahui secara detail teknis kenaikan pangkat dari Asisten Ahli ke Lektor, Lektor Kepala hingga Guru Besar.

“Silahkan dipelajari dengan baik, bagaimana cara mengisi Sistem Informasi Layanan  Administrasi Kependudukan (SIPAK), apa saja yang harus dipersiapkan dan seterusnya. SIPAK adalah sistem layanan terhadap Dosen dalam rangka usulan kenaikan pangkat dosen,” ujar Dr. Sri Lum’atus Sa’adah yang juga Asesor BAN-PT.

Di sisi lain, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I. mengungkapkan, harapan kedepannya untuk seluruh dosen di Fakultas Syariah dapat memajukan Fakultas Syariah.

“Kita berharap setiap prodi-prodi yang ada di Fakultas Syariah itu terakreditasi unggul dengan adanya dosen-dosen yang naik pangkat ke lektor kepala dan guru besar.” terang Prof. Haris (sapaan akrabnya) yang juga Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.

Acara dilanjutkan dengan membagi dua kelompok yaitu bagi dosen yang mau ke Lektor Kepala  dan Guru Besar di Ruang Baca Digital yang didampingi oleh Uke Cahya Ningrum, SE. Sy Kemudian untuk asisten ahli menuju ke lektor III c dan lektor III d  tetap berada di Aula VIP lantai 2 bersama narasumber Muhamad Ali Maqfur, SE.

Uke Cahya Ningrum, SE.Sy menjelaskan step by step atau cara untuk mendaftar SIPAK.

“Nah yang diperlukan untuk mendaftar SIPAK, pertama-tama harus punya akun. Akun tersebut dapat diperoleh dengan mengisi beberapa hal seperti foto KTP, SK terakhir, dan NIDN berupa angka serta email yang aktif.”

Dalam kesempatan yang sama, Muhamad Ali Maqfur, SE menjelaskan, terkait perbedaan kenaikan pangkat yang sering keliru pemahaman masyarakat akan hal ini.

“Ketika kita ngomong kenaikan pangkat, itu ada III b, III c, dan III d. Kalau jabatan misalnya di dosen ada tingkat Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, dan Profesor. Itu yang sering masih keliru,” ungkap Muhamad Ali Maqfur.

Ali Maqfur, --sapaan akrabnya-- menambahkan bahwa terdapat perbedaan lain antara kenaikan pangkat dan kenaikan jabatan.

“Kalau untuk jabatan bisa melompat, misal Asisten Ahli ke Lektor Kepala atau Lektor Kepala langsung ke Profesor itu bisa, yang tidak bisa adalah naik pangkat. Normalnya dua tahun sekali sesuai dengan pemajuan jabatan,” pungkasnya.                                                                                             

 

Reporter: Asya Juniar Firgiati

Editor: Erni Fitriani

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;