syariah@uinkhas.ac.id -

SEMINAR INTERNASIONAL TANTANGAN HUKUM TRANSNASIONAL : MEMBUKA HORISON KOLABORASI GLOBAL

Home >Berita >SEMINAR INTERNASIONAL TANTANGAN HUKUM TRANSNASIONAL : MEMBUKA HORISON KOLABORASI GLOBAL
Diposting : Senin, 11 Dec 2023, 15:40:57 | Dilihat : 523 kali
SEMINAR INTERNASIONAL TANTANGAN HUKUM TRANSNASIONAL : MEMBUKA HORISON KOLABORASI GLOBAL


Media Center – Dalam rangka membentuk perguruan tinggi  bernuansa internasional. Penguatan bahasa asing terus dilakukan. Pada Senin, (11/12/2023) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Seminar Internasional yang bertajuk, “Legal Challenges and Oppurtunities Addressing Transnational Crimes”.

Acara ini bertempat di Auditorium VIP Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Drs. H. Ainur Rafik, M.Ag., Wakil Dekan 3 Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. Ahmadiono, M.E.I., selain itu seminar internasional kali ini menghadirkan narasumber Prof. Yuzuru Shimada, Ph.D dari Universitas Nagoya Jepang, Rafsan Dani, S.H., M.H., Kasubsi Intelejen Keimigrasian Kantor Imigrasi Jember, dan Basuki Kurniawan, S.H., M.H., Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dalam sambutan pembuka, Wakil Dekan 3, Dr. Ahmadiono menyampaikan bahwa seminar internasional ini didasari maraknya transaksi berbasis atau berskala internasional dan maraknya kejahatan internasional dengan macam bentuknya.

“Seminar Internasional kali ini ingin memberikan edukasi bahwa kejahatan – kejahatan umum dan internasional itu dapat mengambil bentuk  apapun,” ucap Dion (sapaan akrabnya).

Selain itu Dr.  Ahmadiono mengatakan menyambut baik kehadiran para narasumber yang memiliki pengalaman luas dalam menangani tantangan hukum terkait kejahatan lintas batas ini.

“Prof. Yuzuru Shimada, sebagai ahli hukum dari Universitas Nagoya Jepang, membawa perspektif internasional yang sangat berharga. Begitu juga dengan Rafsan Dani, S.H., M.H., menyoroti peran strategis yang dimainkan oleh Kantor Imigrasi dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara dari ancaman transaksi kejahatan internasional dan Basuki Kurniawan, S.H., M.H., yang membawa pengalaman langsung dari lapangan dan memberikan pandangan hukum keamanan transnasional,” pungkasnya.

Mengapresiasi kegiatan seminar internasional kali ini. Dr. Ainur Rafik menyatakan kebanggaannya terhadap pimpinan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang mampu mengemban amanah khususnya dalam menyelenggarakan seminar internasional ini.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh tim Fakultas Syariah yang telah melahirkan inisiatif menggelar seminar internasional ini. Menyelenggarakan kegiatan semacam ini membutuhkan dedikasi dan kerja keras yang tinggi, dan saya yakin ini adalah bentuk nyata dari komitmen Fakultas Syariah untuk terus berkembang sebagai pusat keunggulan ilmiah di tingkat internasional,” tutur Dr. Ainur Rafik yang sebelumnya menjabat Wakil Dekan 2 FTIK UIN KHAS Jember itu.

Dr. Ainur Rafik juga menegaskan bahwa kegiatan semacam ini sangat relevan dalam meningkatkan citra dan reputasi UIN KHAS Jember sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi global. Melalui seminar ini, diharapkan peserta dan pemangku kepentingan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terkait tantangan hukum dalam mengatasi kejahatan transnasional.

“Seminar internasional ini adalah langkah maju yang signifikan, dan saya yakin keberhasilan acara ini akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas dan eksistensi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember di mata dunia akademis internasional,” tambahnya.

Kemudian Dr. Ainur Rafik membuka acara dan  dilanjutkan oleh Seminar Internasional yang dipandu oleh moderator oleh Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara, Alfiyah Afidah Abdullah. Seminar ini bukan hanya menjadi forum untuk mendalami isu-isu hukum terkini dalam konteks kejahatan lintas batas, tetapi juga menjadi panggung inspiratif bagi para peserta, khususnya generasi muda, untuk berpartisipasi aktif dalam menyumbangkan gagasan dan solusi inovatif.

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor      : Andika Fadliansyah

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;