syariah@uinkhas.ac.id -

SEMBILAN BULAN TAHUN PUBLIKASI, FAKULTAS SYARIAH RILIS 35 BUKU DOSEN DAN 7 BUKU MAHASISWA

Home >Berita >SEMBILAN BULAN TAHUN PUBLIKASI, FAKULTAS SYARIAH RILIS 35 BUKU DOSEN DAN 7 BUKU MAHASISWA
Diposting : Selasa, 12 Oct 2021, 10:54:55 | Dilihat : 297 kali
SEMBILAN BULAN TAHUN PUBLIKASI, FAKULTAS SYARIAH RILIS 35 BUKU DOSEN DAN 7 BUKU MAHASISWA


Media Center - Setelah resmi dilantiknya Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E, M.M., di Jakarta pada 1 Oktober 2021. Hal ini menandakan telah resminya transformasi kampus IAIN Jember ke UIN KHAS Jember. Tentu dengan adanya alih status ini, kampus harus terus meningkatkan standar dalam bidang akademik maupun non akademik. 

Apalagi, tahun 2021, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., telah mencanangkan sebagai ‘Tahun Publikasi’, dimana di tahun ini diharapkan banyak publikasi ilmiah baik dari dosen maupun mahasiswa. Karena itu, Fakultas Syariah merilis capaian selama sembulan bulan masa Tahun Publikasi 2021 dengan tema “Terus Berkarya untuk Indonesia”. (8/10).

Sebagaimana diketahui, untuk mewujudkan Tahun Publikasi tersebut, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember telah mengadakan dua program unggulan utama di tahun 2021. Program ini dikenal dengan National Excellent Lecture, dan National Excellent Student. Yaitu Program dosen dan mahasiswa unggul yang bereputasi Nasional dengan lahirnya beberapa karya ilmiah dengan terbitnya karya buku, jurnal, HAKI, serta citasi baik oleh dosen dan mahasiswa.

Hasil publikasi dari awal tahun 2021 hingga kini, 9 Oktober 2021 banyak sekali pencapaian lahirnya karya-karya ilmiah terbaru dari para dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, diantaranya karya tersebut adalah sebagai berikut. 

Jumlah buku karya dosen tahun 2021 misalnya sebanyak 35 buku, jumlah buku karya mahasiswa tahun 2021 sebanyak 7 buku. Sementara,, jumlah jurnal karya dosen tahun 2021 sebanyak 23 jurnal dan jumlah jurnal karya mahasiswa tahun 2021 sebanyak 19 jurnal, jumlah jurnal karya bersama mahasiswa dengan dosen sebanyak 10 jurnal. 

Adapun jumlah citasi karya dosen tahun 2019, 2020, 2021 sebanyak 97 citasi dan jumlah citasi karya mahasiswa tahun 2019, 2020, 2021 sebanyak 5 citasi. Yang membanggakan juga bahwa, jumlah HAKI karya dosen tahun 2021 sebanyak 7 HAKI, dan jumlah HAKI karya mahasiswa tahun 2021 sebanyak 5 HAKI.

Dr. Muhammad Faisol, S.S., M. Ag., Wakil Dekan I Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menyatakan, turut mengapresiasi banyaknya capaian di tahun publikasi 2021 ini.

“Saya tentu mengapresiasi hal ini, karena memang selain ini memang menjadi program utama Fakultas Syariah di tahun ini, publikasi juga menjadi hal yang sangat urgen bagi civitas akademika Fakultas Syariah”, ungkap alumni S3 UIN Suska Riau tersebut. 

Dengan publikasi ini maka karya-karya dosen, mahasiswa dan civitas akademika fakultas dapat bermanfaat secara lebih luas karena dapat diakses oleh khalayak ramai, dengan begitu kemanfaatannya juga menjadi luas,” pungkas Dr. Faisol saat ditanyai Tim Media Center tentang tanggapannya terkait tahun publikasi. 

Di sisi lain, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., menanggapi Tahun Publikasi 2021 ini sebagai tahun yang penuh keberkahan dan kebahagiaan.

“Ini tentu sangat membahagiakan dan membanggakan karena kita menetapkan tahun 2021 sebagai ‘Tahun Publikasi’. Fakultas telah menggenjot karya dosen dan mahasiswa mulai dari awal tahun 2021. Kita juga mengadakan pelatihan google scholar, kemudian pelatihan menulis jurnal baik untuk dosen dan mahasiswa, penelitian, workshop penelitian dan sebagainya yang itu untuk menopang karya-karya publikasi ilmiah di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember”, tutur Prof. Harisudin yang juga sebagai Ketua PP APHTN-HAN Se-Indonesia itu.

Harapan Prof Haris agar karya publikasi ini akan terus berlanjut dan tidak berhenti sampai sini. Fakultas Syariah harus terus luar biasa dengan capaian saat ini hingga hitungan akhir pada bulan Desember 2021 nanti. 

 

Reporter: Erni Fitriani

Editor : Wildan Rofikil Anwar

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;