syariah@uinkhas.ac.id -

RESTRUKTURISASI PENGELOLA JURNAL, FAKULTAS SYARIAH GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL BERBASIS OJS

Home >Berita >RESTRUKTURISASI PENGELOLA JURNAL, FAKULTAS SYARIAH GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL BERBASIS OJS
Diposting : Kamis, 02 Dec 2021, 14:34:47 | Dilihat : 395 kali
RESTRUKTURISASI PENGELOLA JURNAL, FAKULTAS SYARIAH GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL BERBASIS OJS


Media Center- Akademisi tak lepas dari lingkup riset dan publikasi, sehingga diperlukan pengetahuan mengenai cara mempublikasikan hasil risetnya. Melalui Jurnal berbasis Open Journal System (OJS), tentu dapat mendukung pengaturan serta penerbitan jurnal. Sehingga dibutuhkan pemahaman atas pengelolaannya agar menghasilkan publikasi jurnal yang sistematis dan baik.

Pada hari Kamis, (02/12) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember mengadakan “Pelatihan Pengelolaan Jurnal berbasis OJS.” Diadakan secara luring terbatas di Aula VIP Lantai 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, acara tersebut dihadiri oleh Tim Pengelola Indonesia Journal of Law and Islamic Law (IJLIL), Tim pengelola Rechtenstudent Journal (RSJ) serta Tim Jurnal Internasional Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pelatihan yang diadakan oleh Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I dan dimoderatori oleh Robiatul Adawiyah tersebut mengundang 2 Narasumber keren yaitu Moh. Ali, S.H., M.H. (Editor in Chief Jurnal IJLIL), dan Moh. Abd. Rauf, S.H (Editor in Chief Rechtenstudent Journal).

Dalam penjelasannya, Moh. Abd. Rauf, S.H. mengenalkan dan mempraktikkan pengelolaan sistem OJS di Rechtenstudent Journal kepada seluruh peserta baik sebagai Author maupun Editor.

”Kebanyakan tulisan yang ditolak dalam OJS, bukan hanya karena kualitas tetapi juga karena salah memilih scope jurnal. Ketika ingin mengirim tulisan, perhatikan Author Guidelines dan template sebagai acuan sebelum mengirim tulisan.” Ucap Editor in Chief Rechtenstudent Journal Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Narasumber selanjutnya, Moh. Ali, S.H., M.H. dihadapan peserta langsung mempraktikkan peran editor dalam pengelolaan sistem OJS khususnya di Indonesia Journal of Law and Islamic Law (IJLIL).

“Tujuan akhir dari pelatihan ini ialah menghasilkan orang-orang yang mampu mengelola jurnal berbasis OJS. Tindak lanjutnya nanti, kita akan diskusi sambil belajar cara membaca naskah yang cepat dan tepat sehingga proses pengelolaan jurnal efektif.” pungkas Editor in Chief Indonesia Journal of Law and Islamic Law (IJLIL) tersebut.

Dengan terselenggaranya pelatihan hari ini, Prof Haris sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memberikan apresiasi terhadap kedua narasumber dan seluruh peserta yang mengikuti pelatihan pengelolaan jurnal berbasis OJS tersebut.

“Saya selaku Dekan Fakultas Syariah mendukung penuh pelatihan Pengelolaan Jurnal berbasis OJS yang diadakan oleh Tim Jurnal IJLIL dan RJS. Sebagai tindak lanjut kegiatan hari Kamis ini, kita akan masukkan kepada program pengelolaan jurnal. Diharapkan dengan adanya kegiatan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa ini menjadi persiapan untuk mencapai Jurnal Fakultas Syariah yang kuat dan lebih baik lagi,” pungkas Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jawa Timur tersebut.

 

Reporter: Arvina Hafidzah

Editor: Erni Fitriani

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;