syariah@uinkhas.ac.id -

PISAH SAMBUT DEKAN LAMA KE DEKAN BARU, FAKULTAS SYARIAH MENUJU PRESTASI GEMILANG

Home >Berita >PISAH SAMBUT DEKAN LAMA KE DEKAN BARU, FAKULTAS SYARIAH MENUJU PRESTASI GEMILANG
Diposting : Senin, 04 Dec 2023, 10:42:05 | Dilihat : 519 kali
PISAH SAMBUT DEKAN LAMA KE DEKAN BARU, FAKULTAS SYARIAH MENUJU PRESTASI GEMILANG


Media Center -Tepat empat tahun setelah perubahan kepemimpinan di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) KHAS Jember. Pada Kamis, (23/11/2023) Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menggelar acara Lepas Pisah Sambut antara Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember Periode 2019-2021 dan Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Periode 2021-2023 , Prof. Dr. H. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., dengan Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Periode 2023-2027 , Dr. Wildani Hefni, M.A. 

Acara yang dilaksanakan di Aula VIP Lantai 2 ini dihadiri oleh para wakil dekan, koordinator program studi, dan dosen fakultas syariah UIN KHAS Jember yang turut menyaksikan momen transisi kepemimpinan.

Dalam sambutannya, Prof. Haris menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan Fakultas Syariah yang telah mendukung dan bekerja sama dalam memajukan fakultas selama masa kepemimpinannya dari 2019 hingga 2023. 

“Berkat kekompakan dan kerja produktif, banyak program-program yang telah dilaksanakan di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember,” ungkap Prof Haris yang juga Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara - Hukum Administrasi Negara.

Prof. Haris juga menyoroti keragaman kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Syariah, baik yang mendapatkan dukungan dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Kementrian/Lembaga  (RKAKL) maupun kegiatan yang bersifat mandiri. 

“Ada kegiatan-kegiatan yang disupport oleh RKAKL, tetapi juga ada kegiatan-kegiatan yang non RKAKL. Semua itu kembali untuk penguatan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember,” tambah Prof Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatiahan MUI Jawa Timur.


Dalam refleksi kepemimpinannya, Prof. Haris menjelaskan bahwa Fakultas Syariah telah melalui transformasi yang signifikan selama empat tahun terakhir. Mulai dari SDM dosen, tata lembaga,  sarana prasarana, publikasi ilmiah dari dosen maupun mahasiswa. Selain itu Prof Haris memaparkan perjalanan dari akreditasi C menuju Unggul. 

“Kami sudah berusaha keras, dan hasilnya terlihat. Dari beberapa program studi yang awalnya memiliki akreditasi C, sekarang ada program studi yang sudah mencapai tingkat akreditasi A. Namun, masih banyak yang perlu dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas fakultas,” tutur Prof Haris yang juga Guru Besar UIN KHAS Jember.

Prof.  Haris  juga menggarisbawahi pencapaian dalam hal jurnal online (OJS), dimana jurnal Fakultas Syariah yang sebelumnya memiliki nol jurnal, kini telah memiliki enam jurnal. Dengan satu di antaranya memperoleh Akreditasi Sinta 5. 

”Publikasi dosen, komunikasi mahasiswa, dan berbagai kelebihan lainnya menjadi bukti nyata kemajuan fakultas,” tambah Prof Haris yang juga Direktur World Moslem Studies Center (WOMESTER).

Sebagai penutup, Prof. Haris menyampaikan harapannya kepada kepemimpinan yang akan datang untuk melanjutkan program-program unggulan yang telah diinisiasi. 

”Saya yakin kepemimpinan berikutnya akan mampu melanjutkan prestasi yang sudah kami raih. Saya merasa bangga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember,” pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember.

Pada kesempatan yang sama Dr. Wildan selaku Dekan Fakultas Syariah periode 2023-2027 menyampaikan rasa hormat kepada pimpinan sebelumnya,  yang telah memimpin Fakultas Syariah dengan dedikasi dan ketekunan selama periode sebelumnya. 

“Terima kasih kepada pimpinan sebelumnya, Prof. Haris, dan seluruh jajaran pimpinan sebelumnya yang telah membangun Fakultas Syariah dengan penuh dedikasi sehingga mampu berkembang dan unggul seperti saat ini,” ucap Wildan yang juga alumni dari The Australian National University (ANU), Canberra Australia.

Ia juga menegaskan bahwa hubungan yang telah terjalin antara dirinya dan Prof. Harisudin tidak hanya sebatas kerja, melainkan telah menjadi seperti hubungan guru dan murid.

“Saya merasa seperti guru dan murid dengan Prof. Haris. Ini memberikan pemahaman dan pengertian yang sangat berharga. Kami berharap Prof. Haris terus memberikan masukan untuk pengembangan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ke depan,” jelas Wildan yang menjadi penerima penghargaan sebagai dosen teladan Fakultas Syariah tahun 2022.

Kemudian Dr. Wildan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh Fakultas Syariah ke depan. Dengan tegas, beliau menyampaikan bahwa tantangan kedepan akan lebih kompleks. Karenanya, diperlukan kerjasama semua pimpinan dan dosen untuk bekerja bersama-sama. 

“Dengan kebersamaan seluruh keluarga Fakultas Syariah, kami memiliki optimisme untuk terus melakukan terobosan dalam pengembangan reputasi akademik melalui pelbagai program dan kegiatan yang telah kami susun. Kami memiliki beberapa program prioritas”, pungkas Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kepemimpinan secara simbolik oleh keduanya. Peralihan kepemimpinan yang diharapkan dapat terus mengukir prestasi gemilang bagi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember di masa mendatang.
 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara                                                
Editor      : M. Irwan Zamroni Ali

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;