syariah@uinkhas.ac.id -

PERKUAT PUSAT KAJIAN, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER SIAP DAMPINGI FAKULTAS SYARIAH IAIN KENDARI

Home >Berita >PERKUAT PUSAT KAJIAN, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER SIAP DAMPINGI FAKULTAS SYARIAH IAIN KENDARI
Diposting : Kamis, 20 Jan 2022, 10:03:42 | Dilihat : 547 kali
PERKUAT PUSAT KAJIAN, FAKULTAS SYARIAH UIN KHAS JEMBER SIAP DAMPINGI FAKULTAS SYARIAH IAIN KENDARI


Perkuat pusat perluas cabang merupakan strategi Fakultas Syariah (Fasya) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember yang dinilai dapat menjadi role model dalam speed produktivitasnya. Kedatangan Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari untuk bekerja sama dengan Fakultas Syariah disambut hangat oleh Prof. Dr. Muhammad Noor Harisudin, M.Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember pada Rabu, (19/01) bertempat di Lantai 2 VIP Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dr. Hj, lpandang, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Syariah IAIN Kendari yang juga didampingi oleh Irma Iriyanti, S.H., M.H. sebagai perwakilan dari IAIN Kendari. Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag (Wadek I), Dr. Sri Lumatus Sa'adah, S.Ag., M.H.I. (Wadek II), Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. (Wadek III), selain itu juga dihadiri oleh Hesti Widyo Palupi, SE, MM (Kabag TU), Dr. Ahmad Junaidi, S. Pd., M.Ag (Kaprodi HK), Dr. Busriyanti, M. Ag (Kaprodi HES), Inayatul Anisah, M. Hum (Kaprodi HTN), Abdul Jabar, S.H., M.H (Kepala Laboratorium Fakultas Syariah), Sholikul Hadi, S.H., M.H (Direktur PUSHPASI), Basuki Kurniawan, S.H., M.H (Sekretaris PUSHPASI), sebagai tuan rumah dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dalam sambutannya, Prof Haris (sapaan akrabnya) sangat senang bisa sharing terkait kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, pun berharap agar kerjasama tidak hanya sampai disini saja namun ada tindak lanjut yang lebih mendalam.

“Saya senang dengan adanya kerja sama ini, semoga tidak sampai disini saja tetapi ada tindak lanjut yang jauh dan semua yang datang di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dipastikan ada tindak lanjut kerjasama dan tidak hanya sebatas MoU saja,” ujar Prof Haris yang juga Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara.


Prof Haris juga memperkenalkan kegiatan yang dilakukan tiap tahunnya oleh Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Inovasi yang dilakukan oleh Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ialah melaksanakan Kompetisi Skripsi terbaik, pelatihan kader ulama bagi mahasiswa, serta pengelolaan jurnal IJLIL oleh Dosen Fakultas Syariah, serta pengelolaan Rechtend Student Journal yang dikelola oleh mahasiswa langsung,” tambah Prof Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur.

Di sisi lain, Dr. Hj, Elpandang, M.Ag. merasa sangat bangga dan memiliki kesan yang luar biasa bisa berkunjung ke Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Saya merasa sangat bangga terhadap Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Disini (Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, red) banyak melakukan kegiatan produktif dan keren. Terimakasih juga kami sudah disambut dengan hangat oleh keluarga Fakultas Syariah,” tuturnya.

Tujuan dari kegiatan studi banding ini sejatinya adalah untuk belajar dan selanjutnya berupaya mengikuti jejak UIN KHAS Jember serta mencari pengalaman dan pengetahuan untuk mengusulkan adanya Pusat Studi Hukum, Pancasila dan Konstitusi (PUSHPASI) di IAIN Kendari.

“Tujuan kami datang ke sini (Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, red) yaitu untuk mengetahui langkah awal yang dilakukan oleh pimpinan dalam mendirikan dan mengelola PUSHPASI. Sehingga nantinya setelah pulang dari sini kami dapat mengusulkan adanya PUSHPASI di IAIN Kendari” imbuhnya.

Sholikul Hadi, S.H., M.H. sebagai Direktur PUSHPASI memparkan kegiatan dari PUSHPASI selama tahun 2021, berjalannya kegiatan tersebut tidak lepas dari support yang diberikan oleh Dekan Fakultas Syariah secara terus menerus. Karena prinsip Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yaitu bagaimana mengoptimalkan kinerja dan potensi dosen dan seluruh civitas akademika, termasuk mahasiswa.

“Banyaknya kegiatan yang kami lakukan tentunya ada support dekan yang luar biasa serta mendorong para dosen khususnya untuk mengaktualisasikan keilmuan dan keahliannya,” Ungkap Sholikul Hadi.

Perlu diketahui, PUSHPASI Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memfokuskan kepada pemecahan isu politik hukum dan peraturan perundang-undangan (Legal Drafting) serta pancasila dan Konstitusi. Pada prinsipnya perlu adanya gandengan untuk mengoptimalkannya yakni melakukan penelitian dengan para penulis yang ada di lingkup Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Fokus PUSHPASI di Fakultas syariah terfokus pada pemecahan politik hukum serta menekankan pada penelitian yang dapat bekerjasama dengan para penulis yang ada di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.” Tegasnya

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember beserta jajaranya siap membantu dan akan terus menindaklanjuti kerjasama tersebut.

 

Penulis: Endang Agoestian

Editor: Erni Fitriani

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;