syariah@uinkhas.ac.id -

PERKUAT KOMPETENSI UNGGUL, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN KEMENAG JEMBER

Home >Berita >PERKUAT KOMPETENSI UNGGUL, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN KEMENAG JEMBER
Diposting : Jumat, 25 Mar 2022, 09:26:25 | Dilihat : 404 kali
PERKUAT KOMPETENSI UNGGUL, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN KEMENAG JEMBER


Media Center - Penguatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus diupayakan oleh Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Salah satu realisasi dari penguatan itu berupa pengadaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember. PKS yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kemahasiswaan ini dilakukan di kantor Kepala Kemenag Jember pada hari Jum'at (14/03). 

Melalui kerja sama tersebut, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan Kemenag Jember memiliki beberapa kesepakatan salah satunya penerapan Tri Darma Perguruan tinggi dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Perjanjian itu ditandatangani oleh Muhammad S.Sos.I., M.Pd.I. sebagai Kepala Kantor Kemenag bersama Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I. sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

"Rencananya akan ada penelitian yang akan dilakukan untuk memahami problem yang ada di masyarakat yang merupakan tupoksi dari Kemenag," tutur Prof. Harisudin yang juga Pengasuh PP Darul Hikam. 

Prof. Harisudin menyebutkan salah satu rancangan kerja sama yang akan dilakukan bersama Kemenag berupa penelitian untuk memahami isu-isu yang terjadi di masyarakat. Misalnya, data-data yang dibutuhkan soal perceraian, atau dampak bagi masyarakat pasca perubahan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang batas minimal usia perkawinan baik laki-laki dan perempuan menjadi 19 tahun. Hal ini dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang kemudian akan menjadi masukan bagi Mahkamah Agung dan juga Kementerian Agama.

“Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dan meningkatkan kompetensi sesuai bidangnya,” tambahnya yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan MUI Jawa Timur.

Fakultas Syariah dengan visi misinya untuk mencetak ahli syariah, hukum dan berbagai kompetensi lain telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan kerja sama dengan Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, lawfirm, DPR-RI, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan banyak lagi.

Diadakannya kerja sama dengan Kemenag Jember karena terdapat beberapa bidang yang juga menjadi kompetensi dari mahasiswa Fakultas Syariah. Seperti Lembaga Amil Zakat yang menjadi bidang profesional bagi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah dan penghulu yang menjadi kompetensi dari mahasiswa Hukum Keluarga. 

Reporter : Arinal Haq

Editor: Nury Khoiril Jamil

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;