syariah@uinkhas.ac.id -

PERAIH SKRIPSI TERBAIK UNGKAP SUPPORT SYSTEM DAN TIDAK TERJEBAK EUFORIA ADALAH KUNCI SUKSESNYA

Home >Berita >PERAIH SKRIPSI TERBAIK UNGKAP SUPPORT SYSTEM DAN TIDAK TERJEBAK EUFORIA ADALAH KUNCI SUKSESNYA
Diposting : Kamis, 25 Aug 2022, 17:19:46 | Dilihat : 1213 kali
PERAIH SKRIPSI TERBAIK UNGKAP SUPPORT SYSTEM DAN TIDAK TERJEBAK EUFORIA ADALAH KUNCI SUKSESNYA


Media Center- Tradisi Kompetisi Skripsi Terbaik sudah dua tahun dilaksanakan di Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Pada periode IV tahun 2022 ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada kamis 11/08.

Nominator pada edisi kali ini diikuti oleh  4 mahasiswa terpilih dari perwakilan program studi masing-masing diantaranya, Muhammad Iqbal Fasya dari Prodi Hukum Keluarga, Ali Akbar Ammar Ar-Rozi dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Wanda Khofifah dari Prodi Hukum Pidana Islam, Nur Ghifar Alfarisi Putra Mandar dari Prodi Hukum Tata Negara.

Sengitnya dalam kompeitisi ini dengan masing-masing penelitian yang urgen membuat suasana presentasi menjadi berkualitas. Dari keempat nominator, menghasilkan yang terbaik yakni Wanda Khofifah dari Prodi Hukum Pidana Islam dengan judul “Pembuktian Tindak Pidana Pembunuhan Dengan Sidik Jari Perspektif Hukum Islam dan Hukum Acara Pidana”

“Terharu dan diluar ekspektasi saya untuk menjadi skripsi terbaik diFakultas Syariah,” lugas Wanda panggilan akrabnya.

Acara yang diikuti oleh kalangan dosen dan mahasiswa yang berasal dari internal Fakultas Syariah dan umum.

“Sidik jari merupakan tanda pengenal yang dikarunia oleh Allah kepada setiap hambanya dengan ciri khas sidik jari yang berbeda,” ungkap Wanda menjelaskan latar belakang skripsi.

Menariknya dari skripsi ini memiliki distingsi dari yang lain, penggunaan Comparative Approach menggunakan komparasi Undang-Undang seperti salah satunya Qanun Aceh.

Perempuan kelahiran kabupaten Banyuwangi itu memiliki 3 support system yaitu pertama orang tuanya, kedua dosen pembimbingnya dan ketiga teman-teman prodinya.

“Semangat dan konsisten dalam mengerjakan skripsi menjadi kunci. Tidak terlena euforia sesaat ketika seminar proposal,” pungkas Wanda.

Rumawi, S.H.I., M.H. selaku dosen pembimbing turut bangga yang telah sukses mengantarkan bimbingannya menyelesaikan skripsi hingga dinobatkan sebagai skripsi terbaik.

“Wanda dalam prosesnya bersungguh-sungguh, semangat, dan tekadnya kuat,” lugasnya.

Menjadi dosen pembimbing, Rumawi menekankan pada bimbingannya agar men-tracking tema sejenis melalui penelusuran pustaka di lembaga-lembaga indexing dan harus ada distingsi penelitian yang sedang atau dilakukan dengan penelitian yang pernah ada.

“Para calon peneliti skripsi harus banyak membaca dan melakukan diskusi. Juga mengikuti kegiatan pelatihan penelitian dan penulisan karya ilmiah,” pungkasnya.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I, berharap diadakan kompetisi skripsi terbaik agar bertambah lagi mahasiswa yang mendapat prestasi ditingkat Fakultas, regional Jawa Timur, Nasional bahkan Internasional.

“Effort dari mahasiswa untuk terus berprestasi itu yang menjadi hal penting, menjadi tujuan utama agar menular, berlomba- untuk mencapai prestasi,” pungkasnya yang juga Reviewer Beasiswa LPDP RI.

Reporter: M. Nur Fadli

Editor: Nury Khoiril Jamil

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;