syariah@uinkhas.ac.id -

PENGUATAN JARINGAN, FAKULTAS SYARIAH KERJASAMA DENGAN KPPU SURABAYA MELALUI PKL MAHASISWA

Home >Berita >PENGUATAN JARINGAN, FAKULTAS SYARIAH KERJASAMA DENGAN KPPU SURABAYA MELALUI PKL MAHASISWA
Diposting : Rabu, 16 Mar 2022, 16:54:30 | Dilihat : 398 kali
PENGUATAN JARINGAN, FAKULTAS SYARIAH KERJASAMA DENGAN KPPU SURABAYA MELALUI PKL MAHASISWA


Media Center - KPPU atau Komisi Pengawasan Persaingan Usaha adalah lembaga independen yang memiliki fungsi mengawasi dan menegakkan hukum di lingkungan praktik monopoli serta persaingan usaha tidak sehat. KPPU memiliki 7 Kantor Wilayah (KANWIL) yang tersebar di sebagian wilayah kota-kota besar di Indonesia. Di Jawa Timur sendiri terdapat KPPU KANWIL IV yang beralamat di Gedung Mandiri Jl. Basuki Rahmat No.129-137 Lt.7, Surabaya. KPPU KANWIL IV ini menaungi 4 provinsi, yaitu Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Guna meningkatkan wawasan, pengalaman, serta keterampilan mahasiswa dalam lingkungan praktek persaingan usaha, delegasi Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di KPPU Surabaya. Mereka adalah Nury Khoiril Jamil sebagai Koordinator PKL, Chusnul Effendi, Sindy Meikasari, Rizqi Darma Agung dan Muhammad Irfani.

Melalui pengalaman ini, Koordinator PKL, Nury Khoiril Jamil menyampaikan kesan dan rasa syukurnya dalam mengikuti PKL di KANWIL IV KPPU Surabaya.

“Alhamdulillah, magang di sana banyak pengalaman baru yang kami dapat dan banyak tugas-tugas baru. Kami juga mendapatkan Pengalaman baru yaitu turun ke Dinas-Dinas terkait, pelaku usaha, dan ke Pengadilan-Pengadilan untuk mengindentifikasi masalah-masalah usaha,” ungkap Jamil yang juga sebagai Ketua Umum Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Dalam Kegiatan PKL yang berlangsung selama 2 bulan, mahasiswa terjun langsung dalam agenda yang dilaksanakan oleh KPPU. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa PKL pada intinya adalah membantu tim KPPU dalam melaksanakan tugasnya, diantaranya adalah menganalisis berita-berita terkait ekonomi dan bisnis yang selanjutnya dikaji secara hukum, turun lapangan ke Dinas-Dinas atau pelaku usaha, dan juga mengumpulkan data dari masalah yang sedang marak terjadi, seperti langkanya minyak goreng.

Rahmad Agus Sholihin, S.H.I, M.H. sebagai Dosen Fakultas Syariah yang turut hadir dalam Penarikan mahasiswa PKL menyatakan antusias dalam peningkatan kinerja dipandang baik oleh pimpinan KPPU.

“Harapannya teman-teman bisa lebih aktif dan agresif dalam terjun di lapangan. Secara umum nilai yang didapat oleh teman-teman itu sangat memuaskan sekali, karena kinerja mereka sangat baik dalam berkontribusi membantu tugas-tugas di KPPU,” tutur Dosen dan penulis buku Menjelajah Hukum Islam tersebut.

Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa PKL di KPPU Surabaya sebagai bentuk tindak lanjut Kerjasama Fakultas Syariah dengan KPPU menurut Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin M.Fil.I. harus dimanfaatkan oleh Mahasiswa Fakultas Syariah dengan baik dan aktif karena telah terbuka peluang baru untuk terus belajar.

“Kita berharap tindak lanjut akan terus dilakukan dan memiliki kontribusi kepada UIN KHAS Jember dan KPPU Surabaya. Harapannya, mahasiswa dapat memanfaatkan tindak lanjut ini bukan hanya saat PKL saja, melainkan setelah PKL ini agar terus jalin silaturahminya, bangun jejaringnya dan dapatkan ilmu terus dari mereka. Sehingga akan dapat banyak terobosan, dan manfaat yang terus digali dari KPPU,” ucap Dekan Fakultas Syariah yang juga Ketua Asosiasi Dosen Pergerakan tersebut.

Kepala KANWIL IV KPPU Surabaya, Dendy R. Sutrisno melalui media Zoom Meeting menyatakan apresiasi mendalam kepada mahasiswa PKL dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

“Saya salut dan mengapresiasi kinerja Mahasiswa PKL dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Dari sekian banyak peserta yang kebetulan PKL di sana, semangat besar ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini,” pungkasnya dalam penarikan yang dihadiri pula oleh Kabid Humas KPPU Pusat.

 

Reporter: Silvia Faizzatur Rosida

Editor: Arvina Hafidzah

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;