syariah@uinkhas.ac.id -

PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SPAN PTKIN RESMI DIBUKA, CATAT TANGGALNYA!

Home >Berita >PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SPAN PTKIN RESMI DIBUKA, CATAT TANGGALNYA!
Diposting : Sabtu, 21 Jan 2023, 16:59:56 | Dilihat : 377 kali
PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR SPAN PTKIN RESMI DIBUKA, CATAT TANGGALNYA!


Humas - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) resmi membuka pendaftaran jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2023 di Vasa Hotel, Surabaya.

Sebagaimana dikenal jalur prestasi, alur pendaftaran pada jalur ini diawali oleh sekolah, madrasah, dan atau pondok pesantren, mulai tanggal 13 Januari sampai 13 Februari 2023.

Sementara berikutnya, alur pendaftaran dilanjutkan oleh siswa mulai tanggal 16 Februari hingga 4 Maret 2023. Nantinya, pendaftaran dan pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan secara daring melalui laman https://span.ptkin.ac.id serta tidak dikenakan biaya. 

Pagelaran yang dikemas dengan peluncuran SPAN-UM PTKIN tahun 2023 ini, secara simbolik dibuka langsung oleh Gus Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia. 

Gus Yaqut, sapaan akrab Menag RI, kepada sejumlah Rektor yang hadir berpesan, untuk terus mempromosikan PTKIN secara masif di tengah masyarakat. Hal itu agar minat calon mahasiswa ke depan semakin bertambah. 

Selain itu, kata Gus Yaqut, PTKIN itu sebetulnya sungguh menarik. Melalui penguasaan terhadap ilmu agama, mahasiswa relatif lebih mudah dicetak sebagai generasi yang tidak saja 'pintar' tetapi juga bijaksana. 

"Pemimpin ke depan itu tidak cukup sekedar pintar, tetapi harus bijak," jelas Gus Menteri dalam sambutannya. Jum'at, 20 Januari 2023

Rektor bersama Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember turut hadir dalam kegiatan ini. 

Menurut Prof. Babun, jumlah kampus penerimaan mahasiswa baru sebagaimana ditulis sebelumnya, terdiri dari 59 PTKIN, di antaranya UIN KHAS Jember. 

Karena itu, Prof. Babun berharap, UIN KHAS Jember menjadi prioritas pilihan calon mahasiswa. Mengingat, kata Prof. Babun, UIN KHAS Jember berdasarkan sumberdaya telah layak untuk banyak menampung, dan memberikan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa nanti. 

"Kita tetap akan berikhtiar agar UIN KHAS Jember lebih berkualitas, menuju world class university" Terangnya.

Sementara, Prof. Miftah Arifin Warek Satu UIN KHAS Jember menjelaskan, syarat mendaftar pada jalur ini yaitu, merupakan lulusan MA sederajat pada tahun 2023, memiliki prestasi akademik serta memenuhi persyaratan yang ditentukan, memiliki nomor induk siswa nasional, berasal dari sekolah yang memiliki NPSN, serta nilai rapot dari kelas 10 sampai 12 yang telah terinput di PDSS.

"Syarat administrasi ini harus dilengkapi, kemudian baru bisa mendaftar, " papar Prof. Miftah. (Humas/dnb)

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;