syariah@uinkhas.ac.id -

PELEPASAN PKL FAKULTAS SYARIAH, DEKAN SYARIAH: JAGA NAMA UIN KHAS JEMBER

Home >Berita >PELEPASAN PKL FAKULTAS SYARIAH, DEKAN SYARIAH: JAGA NAMA UIN KHAS JEMBER
Diposting : Selasa, 15 Aug 2023, 09:51:47 | Dilihat : 667 kali
PELEPASAN PKL FAKULTAS SYARIAH, DEKAN SYARIAH: JAGA NAMA UIN KHAS JEMBER


Media Center - Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menggelar acara pelepasan PKL mahasiswa Fakultas Syariah Tahun Ajaran 2023-2024 pada hari Senin (14/08/2023) bertempat di Stadion Imam Nahrawi UIN KHAS Jember.

PKL pada Tahun Ajaran 2023-2024 ini diikuti oleh 502 mahasiswa yang ditempatkan di 65 instansi di Jawa Timur dan Jakarta, di antaranya adalah Baznas Jatim, Ombusman Jatim, Kabiro Hukum Jatim, KPPU Surabaya, beberapa Pengadilan seperti Pengadilan Industial, Pengadilan Tipikor Surabaya, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya, Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN) di Jember, Situbondo, Banyuwangi, Kraksan, Bondowoso dan Lumajang, KPU Jember, Kantor Imigrasi Jember, Kantor Lelang Jember, Kantor Pertanahan Jember, Kantor Kejaksaan Jember, DPRD Jember, Kantor KUA, Advokat dan Notaris di Jember yang akan diterjunkan oada tanggal 14 Agustus sampai dengan 11 Oktober 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM., Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H., M. Fil.I., Wakil Dekan I Fakultas Syariah, Dr. Muhammad Faisol, S.H., M.H., Wakil Dekan III, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., serta seluruh civitas akademika Fakultas Syariah.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H., M.Fil.I., menyampaikan beberapa laporan terkait pelaksanaan PKL pada tahun 2023

“Pada tahun ini, ada beberapa mahasiswa yang tersebar di 65 instansi. Bahwa ada 71 mahasiswa Fakultas Syariah yang ada di Pengadilan Negeri Jember sekaligus mengikuti program tilik desa. Sementara yang lainya ada di 64 instansi, mulai dari walikota Jakarta timur, pengadilan Industrial, dan lain-lain,” ungkap Prof. Haris yang juga Guru Besar UIN KHAS Jember tersebut.

Lebih lanjut, Prof. Haris (sapaan akrabnya) juga berpesan kepada para mahasiswa PKL agar senantiasa menjaga nama baik UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

"Saya titip untuk menjaga nama baik UIN KHAS Jember. Karena adik-adik sekalian adalah duta UIN KHAS Jember yang ditempatkan di 65 instansi. Jaga nama baik dengan adaptasi di sana, jangan sampai terlambat kayak tadi, kedisiplinan, kinerja, serta budaya ikuti segalanya yang ada di tempat itu." tutur Prof. Haris yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam.

Di sisi Lain, Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM., ikut menegaskan untuk selalu menjaga nama baik almamater UIN KHAS Jember, karena almamater tersebut tentunya tidak mudah untuk diperoleh.

"Ada sekitar 21 ribu Peminat atau anak anak yang mau masuk UIN tapi kita hanya bisa menerima 3200 saja. Ini adalah perjuangan luar biasa untuk bisa diterima di UIN KHAS Jember." ujar Prof. Babun (sapaan akrabnya).

Adapun Prof. Babun menjelaskan bahwa program PKL ini adalah salah satu nilai dari bagian tridharma Universitas yakni, pengabdian.

Terakhir, Prof. Babun menyampaikan bahwa ke depannya UIN KHAS Jember akan berusaha supaya dapat terjalin interaksi dengan lembaga tinggi seperti MPR dan DPR.

"Saya kira masih ada waktu di masa depan, kita mencoba dengan sisa-sisa dan waktu yang sedikit, saya akan mencoba masuk ke DPR dan MPR. Kita akan mencoba untuk melakukan MoU dengan lembaga tertinggi sehingga adek adek sekalian walaupun kita kuliah di UIN Jember tapi kita bisa melihat bagaimana proses legislasi yang ada di DPR, MPR." ungkap Rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember tersebut.

Acara tersebut diikuti dengan antusias dari kalangan mahasiswa PKL dan civitas akademika Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, dan diakhiri dengan pelepasan balon ke udara.

 

Reporter: Lutvi Hendrawan

Editor: Agift Akmal Maulana 

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;