syariah@uinkhas.ac.id -

PACU SEMANGAT MAHASISWA TINGKAT AKHIR, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK PERIODE 1

Home >Berita >PACU SEMANGAT MAHASISWA TINGKAT AKHIR, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK PERIODE 1
Diposting : Selasa, 07 Mar 2023, 20:08:03 | Dilihat : 2805 kali
PACU SEMANGAT MAHASISWA TINGKAT AKHIR, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK PERIODE 1


Media Center - Dalam rangka memicu semangat mahasiswa tingkat akhir, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember kembali gelar Kompetisi Skripsi Terbaik periode 1 Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Senin (06/03/2023), bertempat di Ruang VIP lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Turut hadir Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag., sebagai Wakil Dekan I Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., dan Dr. Busriyanti, M.Ag., sebagai reviewer

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag., memberikan apresiasi kepada empat kompetitor yang menjadi perwakilan dari masing-masing Program Studi (Prodi).

Adapun Faisol (akrabnya) menyampaikan bahwa acara kompetisi skripsi ini akan diselenggarakan setiap menjelang yudisium guna menentukan penulis skripsi terbaik se-Fakultas Syariah.

"Secara periodik, acara ini akan terus dilaksanakan menjelang yudisium," ujar Faisol.

Faisol juga berharap dalam setiap tahunnya,  Fakultas Syariah bisa mengalami peningkatan mutu melalui hasil karya mahasiswa maupun dosen.

"Kami harap setiap tahunnya akan lahir karya dari kita demi meningkatkan kualitas fakultas kita," tutur Wakil Dekan I Fakultas Syariah.

Adapun empat kompetitor tersebut, yakni Fitria Istiqomah dari Prodi Hukum Tata Negara (HTN) dengan judul skripsi "Omnibus Law dan Implikasi Pengembangan Sistem Ketatanegaraan Indonesia Dalam Pandangan Prof. Dr. Jimly As-shiddiqie", Wildan Ulin Nuha dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah dengan judul skripsi "Pengolahan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Dalam pengelolaan Cash Waqaf Linked Sukuk (CWLS) Perspektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Waqaf", Abdullah dari Prodi Hukum Keluarga dengan judul skripsi "Problematika Akad Nikah Online Dalam Pandangan Tokoh Pesantren di Jember, dan Muhammad Risky Afwan Fanani dari Prodi Hukum Pidana Islam dengan judul skripsi "Pertanggung Jawaban Pidana Korporasi Dalam Tindak Pidana Pendanaan Terorisme di Tinjau Dari Hukum Pidana dan Hukum Pidana Islam."

Masing-masing kompetitor diberikan kesempatan waktu selama 10 menit dalam menyampaikan skripsinya. Setelah itu 15 menit diberikan terhadap masing-masing reviewer untuk memberikan komentar.

Dr. Busriyanti, M.Ag., menyampaikan bahwa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelitian itu, yakni tentang pentingnya penelitian tersebut, mencakup implikasi objek yang diteliti dan kemanfaatan dari penelitian tersebut terhadap masyarakat.

"Yang paling penting dalam penelitian itu tentang pentingnya penelitian tersebut dan kemanfaatannya," Pungkasnya yang juga Ketua Jurusan Hukum Islam Fakultas Syariah.

Lebih lanjut, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., menanggapi bahwa dalam menentukan judul skripsi dengan menggunakan kata "persepektif" ini perlu untuk di teliti dengan cermat. Penggunaan kata tersebut berkesan seluruh isi pembahasan skripsi hanya mengacu terhadap satu sumber.

"Padahal sebelumnya banyak undang-undang yang kita teliti," Ungkap Wadek III Fakultas Syariah tersebut.

Kemudian, Dr. Busriyanti, M.Ag., berpesan agar mahasiswa lebih giat dan serius dalam mengerjakan sesuatu, terutama dalam menyusun skripsi.

"Cobalah untuk lebih serius untuk melakukan hal apapun, apalagi skripsi," ujarnya.

Begitu juga, Martoyo menghimbau kepada segenap mahasiswa untuk terus melanjutkan penelitian di bidang hukum, serta tidak berhenti ketika usai mengerjakan skripsi.

"Metode penelitian hukum pada dasarnya akan terus dilakukan pada profesi hukum di tengah masyarakat," terangnya.

Acara tersebut dimoderatori oleh Rina Suryanti, S.H.I., M.Sy., sebagai Dosen Fakultas Syariah dan diikuti oleh puluhan Mahasiswa Fakultas Syariah semester 7 yang hendak menulis skripsi.

 

Reporter: Moh Ramdhan Harisuddin

Editor: Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;