syariah@uinkhas.ac.id -

JALIN KERJA SAMA DENGAN KPU JEMBER, FAKULTAS SYARIAH PERKUAT KOMPETENSI HUKUM PEMILU

Home >Berita >JALIN KERJA SAMA DENGAN KPU JEMBER, FAKULTAS SYARIAH PERKUAT KOMPETENSI HUKUM PEMILU
Diposting : Selasa, 12 Apr 2022, 18:15:02 | Dilihat : 428 kali
JALIN KERJA SAMA DENGAN KPU JEMBER, FAKULTAS SYARIAH PERKUAT KOMPETENSI HUKUM PEMILU


Media Center - Sebagai lembaga pendidikan di lingkungan perguruan tinggi yang menyiapkan lulusannya terjun di dunia hukum, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menjalin perjanjian kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember yang ditandatangani pada 11 Maret 2022 dan diserahkan ke fakultas pada Jumat, (01/04).

Sholikul Hadi, S. H., M. H., sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa PKL di KPU Jember mengatakan, sebenarnya Fakultas Syariah sudah lama bermitra dengan KPU Jember, utamanya pada kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Namun dalam hal ini perjanjian kerja sama dengan KPU Jember memiliki batas waktu yang telah ditentukan. 

“Momen PKL ini kami manfaatkan sebaik mungkin, ada penandatanganan perjanjian kerja sama selama empat tahun ke depan dengan KPU Jember. Kami rasa perlu adanya jaringan yang lebih dekat lagi,” ucap Sholikul Hadi.

Di sisi lain, Sholikul Hadi, S.H., M.H juga menjelaskan tujuan adanya perjanjian kerja sama dengan pihak KPU Jember ialah dalam rangka memperkuat relasi dengan memberikan kejelasan di masing-masing pihak terkait apa yang menjadi hak dan kewajibannya sehingga ada kepastian dalam bermitra.

“Jika kami mengadakan PKL, maka yang menjadi pilihan utama untuk menerjunkan mahasiswa bisa di KPU Jember, sehingga nanti ada persiapan matang,” pungkasnya.

Sholikul Hadi mengungkapkan bahwa kegiatan PKL tersebut mampu menunjang keterampilan praktik dari mata kuliah hukum pemilu.

“Dengan adanya kolaborasi ini semoga adik-adik mahasiswa bisa praktik langsung dan paham tentang hukum pemilu,” tukas Koordinator Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) itu.

Adanya perjanjian kerja sama antara Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dengan KPU Jember merupakan suatu upaya untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I., sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mengatakan, perwujudan tri dharma perguruan tinggi yang berkolaborasi dengan KPU Jember ini bukan hanya untuk mahasiswa saja, melainkan dari dosen juga bisa saling berkolaborasi.

Prof. Harisudin (sapaan akrabnya) mengungkapkan, bentuk kolaborasi yang selama ini telah dilakukan Fakultas Syariah dengan KPU Jember adalah mengadakan seminar nasional yang pematerinya dari perwakilan anggota KPU Jember. Sementara untuk poin penelitian dan pengabdian ke masyarakat seperti adanya kolaborasi antara dosen Fakultas Syariah, mahasiswa PKL dengan KPU Jember untuk melakukan sosialisasi pemilu ke berbagai wilayah di desa.

“Adik-adik mahasiswa PKL bisa membantu mensosialisasikan pemilu di desa masing-masing, sehingga bisa mengefektifkan anggaran,” ungkap Prof. Harisudin yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia. 

Prof. Harisudin mengungkapkan kerja sama ini akan diadakan tindak lanjut dan berharap agar kedepannya lebih banyak kegiatan yang dapat menunjang keterampilan mahasiswa.

“Seringkali teori dan praktiknya beda. Maka dari itu penting bagi mahasiswa tahu praktik hukum pemilu ini,” pungkas Prof. Harisudin yang juga Ketua Ketua PP Asosiasi pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi negara (APHTN-HAN).

Hadir pula dalam acara tersebut Dr. Martoyo, S.HI, M.H, (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Andi Wasis (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM), Sholikul Hadi, S.H., M.H., serta 2 dosen lainnya, Rina Suryanti, M.Sy., dan Dharaka Yudha, M.H., sebagai perwakilan Fakultas Syariah, serta Siti Nur Indah, S.H. (Kasubag SDM), Yosi Alamsyah (Staf Teknis Penyelenggara) sebagai perwakilan KPU Jember.

 

Reporter: Lia Amelia Rahmah

Editor: Erni Fitriani

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;