syariah@uinkhas.ac.id -

JADI TUAN RUMAH UJIAN ADVOKAT, PROF HARIS: NIKMATI PROSESNYA!

Home >Berita >JADI TUAN RUMAH UJIAN ADVOKAT, PROF HARIS: NIKMATI PROSESNYA!
Diposting : Minggu, 06 Mar 2022, 09:31:32 | Dilihat : 568 kali
JADI TUAN RUMAH UJIAN ADVOKAT, PROF HARIS: NIKMATI PROSESNYA!


Media Center - Ujian Profesi Advokat (UPA) termasuk dalam serangkaian tahap untuk menjadi seorang advokat. Ujian ini bertujuan untuk melahirkan dan mencetak advokat yang kredibel, berintegritas dan kompeten. UPA diadakan oleh Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPW APSI) Jawa Timur yang dilaksanakan di tiga kota yakni Madura, Ponorogo, dan Jember. Untuk di Jember sendiri, UPA dilaksanakan di ruang VIP Lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember pada Sabtu, (5/3).

Dalam acara tersebut, Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M.Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah memberikan motivasi kepada peserta.

“Sekarang UPA, nanti ‘upo’ (read: upah). Nikmati proses panjangnya, nanti pasti akan sampai. Juga kerjakan soalnya dengan baik sehingga nanti bisa mendapatkan hasil yang baik pula dan bisa lanjut ke tahap berikutnya,” terang Prof. Haris.

Ujian Profesi Advokat diawasi oleh dua pengawas yakni Ahmad Khoirun Nasikin, S.H., dan Fadholi Rahman S.H., M.H. Peserta UPA di Jember berjumlah 12 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni Probolinggo, Bali, Jember dan Jakarta. Ujian dibagi menjadi dua tipe yakni multiple choice dan essay dengan waktu 200 menit.

Afivani Hilda Dinuria, S.H., sebagai Ketua Panitia UPA menyampaikan bahwa tidak semua peserta yang mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) pada minggu yang lalu mengikuti UPA.

“Peserta bebas memilih ujian di daerah mana, salah satu contohnya peserta PKPA APSI Jember yang berasal dari Madura memilih untuk mengikuti UPA di Madura,” ungkap Afivani

Syarif Hidayat, S.H., M.H., yang merupakan salah satu peserta menyampaikan bahwa soal ujian kali ini cukup mudah untuk dikerjakan dan peserta UPA di tahun ini sangat istimewa karena singkatnya waktu jeda antara PKPA dan UPA.

“Jarak antara pendidikan ke ujian sangat singkat yakni sekitar satu minggu, bisa dibilang kami ini peserta yang hebat karena persiapan yang begitu cepat,” terang Dayat.

M. Hasby As Shiddiqy, S.H.I., sebagai Ketua DPC APSI Jember berharap, seluruh peserta yang mengikuti ujian kali ini bisa lulus dengan nilai terbaik, kemudian dapat melanjutkan pada magang hingga disumpah profesi advokat.

“Semua peserta semoga lulus dengan nilai yang bagus dan bisa melanjutkan ke tahap berikutnya,” pungkasnya.

Reporter: Robiatul Adawiyah

Editor: Erni Fitriani

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;