syariah@uinkhas.ac.id -

JADI SEMA TERBAIK SE-UIN KHAS JEMBER, TAGLINE FAKULTAS "MENJADI FAKULTAS YANG PENUH BERPRESTASI"

Home >Berita >JADI SEMA TERBAIK SE-UIN KHAS JEMBER, TAGLINE FAKULTAS "MENJADI FAKULTAS YANG PENUH BERPRESTASI"
Diposting : Jumat, 14 Apr 2023, 15:22:34 | Dilihat : 559 kali
JADI SEMA TERBAIK SE-UIN KHAS JEMBER, TAGLINE FAKULTAS "MENJADI FAKULTAS YANG PENUH BERPRESTASI"


Media Center- Pada Senin (27/02/2023), SEMA (Senat Mahasiswa) Fakultas Syariah dinobatkan sebagai SEMA Fakultas terbaik di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Penobatan tersebut diadakan dalam acara musyawarah besar RM (Republik Mahasiswa) UIN KHAS Jember. Acara tersebut bertempat di Aula Perpustakaan UIN KHAS Jember.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Hepni, S.Ag., M.M. selaku Wakil Rektor III UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M Noor Harisudin, M.Fil.I. selaku Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Dr. Martoyo, S.H.I, M.H. selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah, M. Ilyas selaku Ketua SEMA UIN KHAS, Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) se-UIN KHAS, Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F) se-UIN KHAS, dan perwakilan dari setiap Lembaga Republik Mahasiswa Fakutas se-UIN KHAS Jember.

M. Ilyas, ketua Umum SEMA-U mengungkapkan bahwa hasil penobatan SEMA-F Syariah menjadi SEMA-F terbaik se-UIN KHAS Jember, tentu merupakan hasil sidak dan audit SEMA-U. Dirinya juga menjelaskan bahwa SEMA F-Syariah telah menjalankan fungsi dan kinerja sesuai AD/ ART RM UIN KHAS Jember.

“Terbukti SEMA F-Syariah fungsi dan kinerjanya sesuai dengan apa yang di mandatkan oleh AD/Art RM UIN KHAS Jember. Dari keempat komisi yang ada di struktural SEMA F-Syariah, semuanya menjalankan fungsinya, dan menghasilkan beberapa produk hukum untuk dipatuhi oleh RM di Fakultas Syariah, ” jelas Ketua Umum SEMA-U UIN KHAS Jember itu.

Tak hanya itu, M. Ilyas juga menjelaskan bahwa kinerja organisasi haruslah selaras dengan asas dan tujuan suatu organisasi.

“Kami melihat dari seberapa jauh fungsi dan kinerja nya sebagai lembaga legislatif di tingkat fakultas, tentu ini juga sebagai upaya penyadaran fungsi bagi setiap orang yang hidup di lingkaran organisasi. Bahwa kerja kerja organisasi harus di selaraskan dengan asas dan tujuan organisasi,” pungkas Ilyas (sapaan akrabnya).

Adapun Hulwa menerangkan bahwa Senat Mahasiswa merupakan lembaga legislatif universitas yang memiliki beberapa komisi seperti komisi legislatif, budgetting, controlling, dan advokasi.

“Lembaga legislatif yang merancang dan menetapkan undang-undang, lembaga budgetting mengatur keuangan pada tiap lembaga, controlling mengontrol kinerja eksekutif dan wilayah administratif, sedangkan advokasi memberikan ruang kepada pengawalan aspirasi mahasiswa,” ujar Demisioner Ketua SEMA F-Syariah itu. 

Hulwa juga mengungkapkan bahwa organisasi Senat Mahasiswa (SEMA) merupakan senat yang memiliki kelebihan melebihi senat lainnya.

“Karena sebelum menjadi kepengurusan senat mahasiswa atau SEMA F, tiap-tiap kepengurusan telah memahami fungsi dan TUPOKSI masing-masing. Dikarenakan kepengurusan sebelumnya telah memberikan ruang diklat pengetahuan secara etik legislatif dan lapangan untuk regenerasi selanjutnya, ” ujar Demisioner Ketua SEMA F-Syariah itu.

Adapun Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. mengatakan bahwa penobatan SEMA F-Syariah ini perlu diapresiasi sebagai bentuk ikhtiar.

“Saya lihat dari kewenangannya itu ada 3, kewenangan legislasi (pembuatan peraturan), budgetting (anggaran), dan controlling. Jadi 3 aspek tersebut menurut saya di SEMA Syariah terutama di bidang anggaran, tingkat pengawasannya cukup bagus, ” ujar Dr. Martoyo, S.H.I, M.H.

Dr. Martoyo (sapaan akrabnya) juga menambahkan bahwa Fakultas Syariah diberi apresiasi dari SPMI (Satuan Pengawasan Internal) Universitas. Karena, menurut SPMI bahwa laporan kegiatan mahasiswa yang terbaik terkait laporan keuangan dan kegiatan jatuh kepada Fakultas Syariah.

Dr. Martoyo juga mengungkapkan bahwa pihak Fakultas telah memotivasi baik dari tiap elemen dan unsur di Fakultas Syariah, meskipun bentuk motivasi tersebut terkadang tidak nampak pada publik. Namun dengan harapan bahwa tiap unsur yang ada di Fakultas Syariah mendapat ruangan dan kesempatan yang bagus. Dr. Martoyo juga berharap agar Fakultas Syariah dapat ditata lebih baik lagi kedepannya.

“Bisa ditata kedepan, sehingga Fakutas Syariah menjadi fakultas baik kulturnya, prestasi mahasiswa dan organsisanya bisa dibanggakan oleh seluruh mahasiswa serta seluruh civitas akademik, ” tutur Wakil Dekan III Fakultas Syariah itu.

Prof. Dr. M Noor Harisudin, M.Fil.I. juga mengungkapkan sangat senang atas penobatan SEMA F-Syariah sebagai yang terbaik se-Universitas.

“Saya sangat senang, ketika mendengar SEMA F-Syariah terpilih menjadi yang terbaik se-UIN KHAS, karena salah satu tagline kita ialah ‘Menjadi Fakultas yang penuh berprestasi’. Seperti yang sudah disampaikan kemarin, fakultas menjadi fakultas yang paling banyak menorehkan prestasi,” ungkap Guru Besar UIN KHAS Jember itu.

Terakhir, Prof. Haris (sapaan akrabnya) berpesan untuk terus menorehkan prestasi. Tidak hanya SEMA saja, melainkan mahasiswa dan ormawa lainnya.

“Harapan saya tidak hanya SEMA saja yang berprestasi. Nanti DEMA, HMPS, organisasi-organisasi, dan komunitas2 harus berlomba-lomba dalam meraih prestasi. Karena itu sangat penting dalam kehidupan kampus, khususnya dalam membantu akreditasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember,” Ujar Dekan Fakultas Syariah itu.

 

Reporter: Agift Akmal Maulana

Editor: M. Nur Fadli

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;