syariah@uinkhas.ac.id -

JADI CONTOH DI LINGKUNGAN PTKIN, FAKULTAS SYARIAH UIN JEMBER DAN FSH UIN BANDUNG MBKM SEMESTER INI

Home >Berita >JADI CONTOH DI LINGKUNGAN PTKIN, FAKULTAS SYARIAH UIN JEMBER DAN FSH UIN BANDUNG MBKM SEMESTER INI
Diposting : Sabtu, 29 Jan 2022, 09:13:29 | Dilihat : 563 kali
JADI CONTOH DI LINGKUNGAN PTKIN, FAKULTAS SYARIAH UIN JEMBER DAN FSH UIN BANDUNG MBKM SEMESTER INI


Media Center- Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim pada akhir Januari 2020. Esensi MBKM menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk menghasilkan insan yang merdeka dan berbudaya. Insan merdeka yang nomor satu adalah mandiri, berdikari, tidak bergantung pada orang lain, dan mampu untuk merancang dan menentukan masa depannya sendiri.

Dengan itu, Fakultas Syariah (Fasya) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menjalin kerjasama dengan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertempat di Ruang Dekan FSH UIN Sunan Gunung Jati Bandung(28/12).

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. hadir bersama beberapa pimpinan fakultas diantaranya Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag. (Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan  Fakultas Syariah), Dr. Sri Lumatus Sa'adah, S.Ag., M.H.I. (Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan  Fakultas Syariah), Dr. Martoyo, S.H.I., M.H.(Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaa, Alumni, dan Kerjasama Fakultas Syariah) dan Hesti Widyo Palupi, S.E., M.M.( Kepala Bagian Tata Usaha).

Prof. Haris sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menyatakan, tujuan berkunjung ke FSH UIN Gunung Jati Bandung adalah untuk belajar.

“Kami datang ke FSH UIN Sunan Gunung Jati Bandung sesungguhnya mau belajar atau mengaji, karena Webometrics menyebut UIN Bandung menempati angka pertama di PTKIN, ”ujar Prof. Haris dalam sambutannya.

Selain belajar, Prof Haris juga ingin adanya penguatan kelembagaan dalam bentuk implementasi kerjasama yang dijalin terdiri dari bidang publikasi, penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa, peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam merealisasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Tindak lanjut kerja sama ini adalah penandatangan perjanjian kerja sama Pertukaran Mahasiswa dalam rangka pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hal ini juga untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa pada Perguruan Tinggi kita. Jangan lama-lama, semester ini MBKM kita mulai, ”ujar Guru Besar UIN KHAS Jember yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.

Pada acara tersebut, Dekan FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si. beserta para wakil dekan dan kaprodi di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati sangat senang dan menyambut baik rombongan Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

"Kami berharap agar kerja sama ini ditindak lanjuti dalam rangka menciptakan SDM unggul di masing-masing lembaga. Kita ingin menjadi contoh MBKM kita di lingkungan PTKIN", ujar Prof Fauzan yang juga Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Gunung Jati Bandung.

 

Reporter: Siti Junita

Editor: Erni Fitriani

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;