syariah@uinkhas.ac.id -

INTEGRASI KEILMUAN TEORITIS DAN PRAKTIS, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK

Home >Berita >INTEGRASI KEILMUAN TEORITIS DAN PRAKTIS, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK
Diposting : Sabtu, 12 Mar 2022, 20:05:56 | Dilihat : 596 kali
INTEGRASI KEILMUAN TEORITIS DAN PRAKTIS, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK


Media Center - Pengembangan keilmuan dan kreatifitas di bidang riset oleh Fakultas Syariah (Fasya) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember direalisasikan dengan pergelaran Kompetisi Skripsi Terbaik antar program studi di bawah naungan Fakultas Syariah. Kompetisi tersebut diikuti oleh Mahasiswa delegasi Program Studi Hukum Keluarga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN). 

Diadakan pada Sabtu, (12/03) secara daring melalui Zoom Meeting, Kompetisi Skripsi Terbaik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Tahun Ketiga Periode Satu tersebut dimoderatori oleh Sholikul Hadi, S.H., M.H. (Ketua Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN KHAS Jember). Kompetisi ini turut mengundang dua reviewer yakni Dr. Moh. Ali Firmansyah, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Jember) dan Prof. Dr. Moh Dahlan, M.Ag. (Direktur Pasca Sarjana UIN KHAS Jember). 

Hadir pula memberikan sambutan, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin M.Fil.I. menyampaikan apresiasi secara akademis terkait penyelenggaraan kompetisi.

“Mahasiswa yang terpilih sebagai skripsi terbaik akan diapresiasi dengan pembuatan buku yang akan dipajang di Perpustakaaan Fakultas dan Perpustakaan UIN KHAS Jember. Tidak perlu khawatir, bagi Mahasiswa yang tidak masuk pada jajaran di Kompetisi Skripsi Terbaik akan diapresiasi melalui pembuatan karya ilmiah yang akan ditaruh dalam jurnal, seperti Rechtenstudent Journal milik Fasya,” ungkap Dekan Fasya sekaligus Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan MUI Jawa Timur tersebut.

Empat kompetitor skripsi terbaik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, pada periode ini diikuti oleh Kusumaning Ratna Mustikasari dari Prodi HK dengan judul skripsi Strategi Ketahanan Keluarga Maslahah Perempuan Berkarir Studi Kasus Pengadilan Agama Jember, Ismaningrum dari Prodi HES dengan judul skripsi Problematika Perjanjian Hutang-piutang dengan Pihak Ketiga di Desa Genitrilor Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Yesi Indahwati Novarima dari Prodi HTN dengan judul skripsi Pelaksaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Study terhadap Pemutakhiran Data Pemilih dalam Pemilukada di Desa Curahtakir Kecamatan Tempurejo Jember), dan Maulidatul Munawaroh dari Prodi HPI dengan judul skripsi Tindak Pidana Pelecehan Seksual di Media Seksual Perspektif Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Para Kompetitor diberikan waktu masing-masing 10 menit untuk mempresentasikan skripsi yang mereka teliti. 

Setelah agenda presentasi oleh keempat kompetitor, selanjutnya kedua Reviewers dalam waktu masing-masing 25 menit akan menguji, memberikan masukan, dan mengoreksi hasil penelitian keempat delegasi mahasiswa tersebut. Pengujian skripsi dilakukan mendalam dengan pertanyaan-pertanyaan bernuansa akademis baik dari segi metode penelitian maupun pada substansi dari skripsi keempat mahasiswa. 

“Dalam semua penelitian hukum walaupun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris, jangan sampai meninggalkan sisi normatifnya. Karena penelitian hukum berangkat dari normatif, dan norma hukum tidak hanya peraturan hukum positif saja akan tetapi norma hukum syar’i juga perlu dieksplor lebih lanjut lagi,” tutur Dr. Moh. Ali Firmansyah, S.H., M.H., sebagai Reviewer. 

Prof. Dr. Moh Dahlan, M.Ag., yang menyetujui pendapat Dr. Moh. Ali Firmansyah, S.H., M.H., kembali menekankan pentingnya keberadaan nilai-nilai hukum Islam dalam penelitian mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.  

“Permasalahan akademik dari keempat kompetitor sangat menarik, tetapi saya harap karena berangkat dari Fakultas Syariah dapat memasukkan nilai-nilai hukum Syar’i. Namun saya yakini, pelaksanaan Kompetisi Skripsi Terbaik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini merupakan upaya integrasi keilmuan baik secara teoritis maupun praktis,” pungkas Direktur Pasca Sarjana UIN KHAS Jember tersebut. 

 

Reporter: Fadilah

Editor: Arvina Hafidzah

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;