syariah@uinkhas.ac.id -

INOVATIF, FAKULTAS SYARIAH LUNCURKAN HAIAH TAHFIDZ AL-QURAN DAN MAJMA BUHUST AL-KUTUB WA AL-FATWA

Home >Berita >INOVATIF, FAKULTAS SYARIAH LUNCURKAN HAIAH TAHFIDZ AL-QURAN DAN MAJMA BUHUST AL-KUTUB WA AL-FATWA
Diposting : Senin, 13 Dec 2021, 07:53:39 | Dilihat : 360 kali
INOVATIF, FAKULTAS SYARIAH LUNCURKAN HAIAH TAHFIDZ AL-QURAN DAN MAJMA BUHUST AL-KUTUB WA AL-FATWA


Media Center- Sebagai bentuk tindak lanjut Pelatihan Kader Ulama untuk Mahasiswa yang diadakan Fakultas Syariah, Pada Senin (6/12) Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. resmi meluncurkan organisasi Majma’ Buhuts Al-Kutub Wa Al-Fatwa dan Hai’ah Tahfidzul Qur’an Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. 

Acara tersebut diadakan secara luring terbatas di Meeting Room Dekan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I, para Pembina dan seluruh Pengurus Majma’ Buhuts Al-Kutub Wa AL-Fatwa dan Hai’ah Tahfidzul Qur’an Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dalam peresmian tersebut, Dekan Fakultas Syariah memberikan apresiasi mendalam terhadap semangat untuk mendorong prestasi Mahasiswa khususnya di bidang Kitab Kuning dan Al-Quran.

“Sebagai tindak lanjut pelatihan kader ulama, Lembaga Majma’ Buhuts Al-Kutub Wa AL-Fatwa hadir dengan konsen pendalaman kitab-kitab kuning di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Selain itu untuk mengakomodir bakat mahasiswa Fakultas Syariah yang hafal Al-Quran kemudian diluncurkan pula organisasi Hai’ah Tahfidzul Qur’an,” tutur Guru Besar di bidang Ilmu Fiqh-Ushul Fiqh tersebut. 

Salah satu Pembina Majma’ Buhuts Al-Kutub Wa AL-Fatwa, Moh. Syifa’ul Hisan, M.H.I. memaparkan program-program yang akan diadakan untuk meningkatkan kemampuan kitab kuning.

“Bagi seseorang yang masih lemah penguasaan gramatika bahasa arabnya, maka kami akan berusaha dampingi untuk penguatannya. Selain peningkatan kemampuan gramatikanya, akan ada pendampingan dalam penguatan mufradat, pemahaman dan analisa teks arab dengan pemakaian literatur kitab kuning,” ucap Pembina Majma’ Buhuts Al-Kutub Wa AL-Fatwa sekaligus Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Selanjutnya peresmian Hai’ah Tahfidzul Qur’an (HTQ) menurut salah satu Pembina, Dr. Martoyo S.H.I., M.H. memiliki target untuk memberdayakan Mahasiswa yang memiliki bakat di bidang Tahfidzul Qur’an.

“HTQ merupakan komunitas yang didirikan untuk meningkatkan kapasitas Mahasiswa di bidang tahfidzul qur’an. Fasilitasi yang dilakukan untuk mencapai target tersebut, misalnya menggandengkan para dosen yang memiliki kemampuan di bidang tahfidul qur’an. Saya yakin terbentuknya komunitas ini para Mahasiswa bisa tertampung dan terasah potensinya,” ungkap Wakil Dekan III Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Hai’ah Tahfidzul Qur’an (HTQ) yang baru diluncurkan tersebut sudah membuka peluang untuk mahasiswa menjadi bagian dari 20 anggota dengan seleksi kefasihan membaca, tajwid dan juga fasohahnya. HTQ Memiliki 3 program kerja utama yakni penambahan hafalan baru, murojah, dan pembinaan lomba tafsir Al-Quran.

 

Reporter: Khulaila Inda Fikriyah

Editor: Arvina Hafidzah

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;