syariah@uinkhas.ac.id -

HUT KE-77 RI, FAKULTAS SYARIAH BUDAYAKAN ETOS PRESTASI DENGAN LOMBA MENARIK

Home >Berita >HUT KE-77 RI, FAKULTAS SYARIAH BUDAYAKAN ETOS PRESTASI DENGAN LOMBA MENARIK
Diposting : Sabtu, 20 Aug 2022, 18:26:36 | Dilihat : 287 kali
HUT KE-77 RI, FAKULTAS SYARIAH BUDAYAKAN ETOS PRESTASI DENGAN LOMBA MENARIK


Media Center- Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 mengangkat tema, ”Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Ini merupakan bentuk harapan pemerintah untuk Indonesia kedepan pasca dinamika pandemi di tahun sebelumnya. Pada peringatan hari kemerdekaan ini, Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember pada Jumat, (19/8) mengadakan lomba agustusan yang diikuti oleh civitas akademika Fakultas Syariah.

Selain untuk menyemarakkan pelaksanaan HUT RI, acara ini juga bertujuan untuk menjaga kekompakan seluruh civitas akademika Fakultas Syariah. Ada beberapa lomba yang dihadirkan dalam acara kali ini yaitu lomba makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, sunggi tampah, balap karung, dan lomba kelereng. 

Dalam perlombaan ini disediakan hadiah menarik bagi pemenang lomba dan doorprize bagi seluruh peserta yang hadir. Hadiah utama berupa kalung KK Liforce dan BMC yang disponsori oleh salah satu Dosen Fakultas Syariah, Inayatul Anisah, S.Ag., M.Hum.

Ketua Panitia Acara, Rina Suryanti, S.H.I., M.Sy. menuturkan, persiapan yang dilakukan untuk menyiapkan lomba yaitu dengan melakukan koordinasi dengan tim panitia, mengklasifikan lomba yang akan dilombakan, menyiapkan properti dan menghimpun peserta.

“Saya, dari Fakultas Syariah diamanahi oleh pimpinan untuk mengkoordinatori pelaksanaan lomba dalam rangka untuk menyemarakkan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah dan alhamdulillah respon dan antuasisme dari pendidik maupun tenaga kependidikan semua sangat bagus dan turut meramaikan," ujar Rina yang juga Dosen Fakultas Syariah. 

Rina menambahkan bahwa semarak lomba agustusan sebelumnya sudah pernah ada, namun terhenti semenjak kedatangan pandemi Covid-19 dan setelah kondisi normal kembali, ini mulai diaktifkan lagi. 

“Karena sekarang persiapannya lebih matang sehingga pelaksanaannya lebih semarak, dan alhamdulillah tadi kami sangat surprize karena didukung langsung oleh Pak Rektor dan Pak Irjen. Beliau juga ikut serta dalam lomba ini," jelas Rina. 

Dalam kesempatan itu pula, Prof. Dr. H. Babun Soeharto sebagai Rektor UIN KHAS Jember menambah keseruan lomba dengan membuat beberapa lomba dadakan yang mengundang gelak tawa para peserta lomba, diantaranya lomba menghitung daun, lomba lepas pasang tali sepatu, dan lomba makan diakhir acara.

Keseruan terpancar dari raut muka setiap civitas akademika yang mengikuti lomba tersebut. Walaupun tidak semua menjadi juara, namun nuansa kebersamaan sangat terasa.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I., mengungkapkan bahwa momen agustusan ini yaitu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt, membangun kebersamaan, dan membudayakan etos prestasi.

“Jadi dengan adanya lomba-lomba itu kita satu, Fakultas Syariah. Dosen, mahasiswa, pimpinan, karyawan itu satu bahwa membangun Fakultas Syariah itu harus bersama-sama, tidak bisa sendiri-sendiri," ujar Prof. Haris (sapaan akrabnya) yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jatim.

“Kalau lomba-lomba itu kan tujuannya prestasi. Jadi kita juga ingin berprestasi, menang dalam berbagai event yang juga menguatkan akreditasi fakultas. Kita harap kedepan akreditasi kita unggul untuk semua prodi," pungkasnya yang juga Guru Besar Ushul Fikih UIN KHAS Jember.

Lomba dilaksanakan di depan halaman gedung Fakultas Syariah, dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai. Peserta sangat antusias, terbukti dari semangat para civitas akademika mengikuti hampir semua cabang lomba.

 

Reporter: M. Nur Fadli

Editor: Erni Fitriani

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;