syariah@uinkhas.ac.id -

HADIRKAN GUBES ILMU HTN, FAKULTAS SYARIAH GELAR KULIAH UMUM KETATANEGARAAN ISLAM

Home >Berita >HADIRKAN GUBES ILMU HTN, FAKULTAS SYARIAH GELAR KULIAH UMUM KETATANEGARAAN ISLAM
Diposting : Jumat, 15 Sep 2023, 15:05:12 | Dilihat : 515 kali
HADIRKAN GUBES ILMU HTN, FAKULTAS SYARIAH GELAR KULIAH UMUM KETATANEGARAAN ISLAM


Media Center – Dalam upaya mewujudkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan hukum ketatanegaraan yang mendalam dan luas, Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember gelar Kuliah Umum dengan tema “Dinamika Ketatanegaraan Islam Di Indonesia” pada Rabu (13/09/2023) bertempat di Ruang VIP Fakultas Syariah.

Turut hadir Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., sebagai Dekan Fakultas Syariah, Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag., sebagai Wakil Dekan I Fakultas Syariah, Dr. Busriyanti, M.Ag., sebagai Kajur Fakultas Syariah serta Prof. Dr. H. Ija Suntana, M.Ag., CLA sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Prof. Haris (sapaan akrabnya) mengungkapkan bahwa pembelajaran tentang seputar keislaman itu termasuk dalam lingkup kampus UIN. Oleh karena itu, tema pada acara ini tentu sangat relevan apabila diberikan kepada mahasiswa terutama yang kuliah di UIN KHAS Jember khususnya.

"UIN core nya islamic studies, jadi sangat pas kuliah umum dengan tema Dinamika Ketatanegaraan Islam Di Indonesia," Ujar Guru Besar UIN KHAS Jember tersebut. Prof. Haris juga berharap agar selesai acara ini, mahasiswa dapat lebih produktif dan mempertajam skill dalam berkarya.

"Harapannya nanti selesai kuliah ini ada hasil penelitian, skripsi, dan sebagainya," Ungkap Prof Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan (KP3) MUI Jawa Timur.

Lebih lanjut, Prof. Ija menjelaskan bahwa eksistensi ketatanegaraan Indonesia pada mulanya cenderung dipengaruhi oleh ketatanegaraan Islam ditinjau dari berbagai aspek, salah satu diantaranya pada aspek istilah.

"Istilah-istilah ketatanegaraan Indonesia diambil dari istilah ketatanegaraan islam, misalnya hukum, pasal, daulat, dan sebagainya," Tutur Guru Besar UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Prof. Ija menyampaikan pola dinamika dengan menyebutkan tiga aliran para ilmuan ketatanegaraan Islam "Yaitu pertama aliran romantis bersejarah yang mengidealkan apa yang terjadi di masa lalu. Kedua aliran mesianisme yang mengidealkan apa yang terjadi di masa yang akan datang. Kemudian ketiga aliran realisme yang mengidealkan apa yang terjadi saat ini," Ucapnya

Lebih lanjut, Prof. Ija menyampaikan tujuh tipe demokrasi secara hierarkis dilihat dari perkembangan suatu negara. Pertama, demokrasi tinggi dan kesejahteraan tinggi, kedua demokrasi menengah kesejahteraan tinggi, ketiga demokrasi rendah kesejahteraan tinggi, keempat, demokrasi rendah kesejahteraan menengah, kelima demokrasi rendah kesejahteraan rendah, keenam demokrasi menengah kesejahteraan rendah, ketujuh demokrasi menengah kesejahteraan menengah.

"Ditarik dari sejarah zaman Rasulullah, kemudian sahabat, itu awal mula demokrasi terjadi," Pungkasnya

Acara tersebut dimeriahkan puluhan mahasiswa Fakultas Syariah, civitas akademika dan dimoderatori oleh Dr. Robitul Firdaus, M.A. dengan penuh antusias.

 

Reporter : Moh Ramdhan Harisuddin

Editor: Lutvi Hendrawan

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;