syariah@uinkhas.ac.id -

HADIRI PBAK TINGKAT FAKULTAS SYARIAH, DEKAN UNGKAP FIVE CORE VALUES KEHIDUPAN AKADEMIK

Home >Berita >HADIRI PBAK TINGKAT FAKULTAS SYARIAH, DEKAN UNGKAP FIVE CORE VALUES KEHIDUPAN AKADEMIK
Diposting : Rabu, 24 Aug 2022, 08:14:24 | Dilihat : 433 kali
HADIRI PBAK TINGKAT FAKULTAS SYARIAH, DEKAN UNGKAP FIVE CORE VALUES KEHIDUPAN AKADEMIK


Media Center –Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) melanjutkan pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) ke tingkat fakultas, salah satunya Fakultas Syariah.

Mengangkat tema “Manifesto Moderasi Beragama dalam Bernegara”, PBAK Fakultas Syariah dilaksanakan di Masjid Sunan Ampel UIN KHAS Jember, pada Selasa (23/08).

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. ungkap jumlah mahasiswa tahun 2022 sebanyak 585 mahasiswa.  

“Di Fakultas Syariah nanti belajar minimal 4 kompetensi, pertama dasar-dasar ilmu hukum, kedua metode penalaran hukum, ketiga keterampilan hukum dan keempat adalah etika profesi hukum,” ujar Prof. Haris yang juga Guru Besar Bidang Fiqh dan Ushul Fiqh.

Dalam pengantar yang diberikan, Dekan menyampaikan Five Core Values yang dilaksanakan dalam kehidupan akademik, yakni Integrity, self development, innovation, respect, dan team work.

“Di Fakultas Syariah, orangnya harus berintegritas, jujur, disiplin, amanah, terintegritas moral, kemudian selalu mengembangkan diri, jangan pernah berhenti dan terus belajar,” imbuh Sekretaris Forum Dekan PTKIN se-Indonesia tersebut.

Terbagi menjadi empat program studi, yakni Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah mengajak mahasiswa menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, peneltian, dan pengabdian masyarakat.

“Prospek kerja Fakultas Syariah sangat luas, meliputi dosen, panitera, hakim, advokat, mediator, penghulu, wartawan, penyuluh agama, bawaslu, guru besar, direktur pasca, KUA, dan sebagainya,” tutur Dekan yang juga Pengurus Pusat APHTN-HAN.

Salah satu bentuk kegiatan ilmiah akademik, dipaparkan Dekan berada pada eksistensi jurnal, baik IJLIL, Rechtenstudent Journal, dan Constitution Journal.

“Nantinya insyaAllah akan ada tambahan tiga jurnal lagi dari prodi HK, HES, dan HPI. Kita harap nanti adik-adik siap untuk menjadi penulis sekaligus pengelola jurnal,” papar Dekan.

Sebagai motivasi, Dekan menyatakan untuk terus semangat dalam menuntut ilmu dan melakukan kebermanfaatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

“Seperti kata seorang ulama, yakni bagaimana kau bisa luar biasa sementara yang kau lakukan biasa-biasa saja?” ungkap Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Selanjutnya, Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah, Dr. Muhammad Faisol, S.S., M. Ag menjelaskan mengenai sistem kerja akademik dan memberikan wejangan kepada mahasiswa agar selalu bersemangat berbuat kebaikan.

“Indikator keberhasilan mahasiswa itu cepat lulus atau tepat waktu. Pesan saya, terus berbuat baiklah kepada sesama sampai Allah tidak tega untuk tidak mengabulkan doa anda,” tandasnya.

Pada Kesempatan yang sama, Wakil Dekan II Fakultas Syariah, Dr. Sri Lumatus Sa’adah, M.H.I. menambahkan pentingnya publikasi ilmiah bagi para mahasiswa.

“Disini lah nanti (publikasi, red) yang akan membawa Fakultas Syariah keluar. Adik-adik harus gemar menulis, gemar mempublikasikan tulisannya,” tukas Dr. Sri Lumatus yang juga lulusan S3 UIN Sunan Ampel Surabaya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. turut membagikan tips seputar menjadi mahasiswa sukses. Pertama meluruskan niat untuk mencari ilmu, kedua jalani proses dengan sebaik mungkin, ketiga mahasiswa wajib memiliki hard skill dan soft skill.

“Ada banyak link beasiswa yang dapat digunakan, baik beasiswa Genbi, Baznas, KIP, hingga beasiswa daerah, itu bisa dimanfaatkan. Bagi yang merasa berat dalam keuangan pun dapat mengajukan banding UKT,” pungkas Dr. Martoyo.

 

Reporter : Erni Fitriani

Editor:  Arvina Hafidzah

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;