syariah@uinkhas.ac.id -

GENCARKAN INOVASI, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK

Home >Berita >GENCARKAN INOVASI, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK
Diposting : Kamis, 14 Oct 2021, 14:51:06 | Dilihat : 478 kali
GENCARKAN INOVASI, FAKULTAS SYARIAH KEMBALI GELAR KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK


Media Center- Dalam mendukung kreatifitas mahasiswa dalam bidang riset, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember sukses kembali adakan kompetisi skripsi terbaik antar prodi untuk ke tiga kalinya. Kompetisi tersebut diikuti oleh mahasiswa terpilih yang berasal dari 4 prodi di antaranya Hukum Tata Negara (HTN), Hukum Pidana Islam (HPI), Hukum Keluarga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES). Acara tersebut juga dihadiri oleh dua reviewer, yang pertama Dr. H. Ubaidillah, M.Ag., (Dosen dari Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK)), dan Dr. Fawaizul Umam, M.Ag., (Dosen dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora), yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Selasa (12/10).

Ada beberapa penilaian yang diuji dalam pelaksanaan kompetisi terbaik kali ini yaitu tentang metodologi penulisan skripsi, penguasaan skripsi, serta kemampuan dalam mempertahankan skripsi.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I., mengatakan bahwa pemenang dari skripsi terbaik nantinya akan kita apresiasi.

“Ini merupakan inovasi yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah guna menjadikan skripsi sebagai karya terbaik mahasiswa, pemenang skripsi terbaik nantiya juga akan diberikan hadiah yakni skripsi yang telah dibuat akan dijadikan buku, yang kemudian akan diarsipakan di perpustakaan sehingga bisa dibaca oleh banyak mahasiswa,” ungkap Prof Haris yang juga yang juga sebagai Ketua APHTN-HAN Se-Indonesia itu.

Prof Haris, yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur itu, berharap mahasiswa mulai dari semester 1, sudah terbiasa dengan penelitian seperti jurnal, buku, artikel, opini dan lain sebagainya demi meningkatkan skill dalam penelitian.

“Kompetisi ini tidak akan berhenti disini, melainkan akan terus dilaksanakan tentu dengan adanya inovasi-inovasi baru dari Fakultas Syariah. Saya juga berharap mahasiswa mulai dari semester 1 sudah terbiasa dengan penelitian seperti jurnal, buku, artikel, opini dan lain sebagainya demi meningkatkan skill dalam penelitian,” ungkapnya

Empat kompetitor skripsi terbaik Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yaitu: Moch. Gultom Ali Bahtiar. dari Hukum Pidana Islam dengan judul skripsi “Sanksi Pidana Bagi Provokator Kerusuhan Perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam”, Zakiyyah Ilma A dari Hukum Ekonomi Syariah dengan judul skripsi “Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Melalui Jasa Ekspedisi PT. POS Indonesia Jember dalam Analisis Fatwa DSN MUI nomor 113/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Wakalah Bi Al-Ujrah”, Khairul Umam dari Hukum Keluarga dengan judul skripsi “Pandangan Kiai Pesantren di Kabupaten Sumenep tentang Nusyuz dan Responnya terhadap UU. No. 23 tahun 2004 tentang PKDRI”, dan Izzah Qotrun Nada dari Hukum Tata Negara dengan judul skripsi “Kedudukan Lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia (Telaah Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang KPK)”.

Acara kompetisi dilaksanakan dengan presentasi dari masing-masing kompetitor yang diberikan waktu 10 menit dalam pelaksanaan presentasi, kemudian dilanjutkan dengan koreksi oleh para reviewer untuk menguji dan memberi masukan dari skripsi yang telah dipresentasikan.

Pada saat pengujian berlangsung, para kompetitor diuji dengan pertanyaan-pertanyaan pada hal-hal yang fundemental dengan penelitian yang diangkat hingga ke konteks yang lebih spesifik.

“Jadi bagaimana kita mampu meyakinkan agar data yang diangkat memang dapat dipercaya, di samping itu penggunaan teori juga sangat penting dilakukan guna membantu peneliti dalam melakukan penelitian sehingga data yang ditulis tidak hanya berdasarkan klaim akan tetapi berdasarkan data,” tegas Dr. Fawaizul Uman

Disisi lain Dr. H. Ubaidillah menekankan pada Metode penelitian dan landasan teori karena hal tersebut menjadi hal utama.

“Kita harus kembali kepada paradigma dasar penelitian, baik yang kualitatif maupun kuantitatif. Kita harus jelas dalam menggunakan metodologi penelitian seperti dalam melakukan keabsahan data, analisis data dan lain sebagainya” ujar Dr. H. Ubaidillah yang juga Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember itu.

Di sisi lain, para reviewer juga memberikan masukan serta saran yang tentunya sangat baik untuk mahasiswa Fakultas Syariah sehingga mengundang banyak apresiasi dari berbagai elemen yang hadir pada saat acara. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias peserta yang mengikuti acara tersebut dan menyimak serta mencoba memahami gagasan yang disampaikan oleh para kompetitor. Acara ini juga diharapkan agar terus diselenggarakan sehingga menjadi inspirasi bagi Fakultas lain di UIN KHAS Jember.

Pengumumann pemenang skripsi terbaik akan disampaikan pada acara yudisium Fakultas Syariah yang rencananya akan diselenggarakan pada Senin (18/10) di Hotel Aston Jember.

 

Reporter : Yazidul Fawaid

Editor : Wildan Rofikil Anwar

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;