syariah@uinkhas.ac.id -

GELAR SEMNAS, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING BUKU DAN IJAZAH KITAB WAKIL ROIS AAM PBNU

Home >Berita >GELAR SEMNAS, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING BUKU DAN IJAZAH KITAB WAKIL ROIS AAM PBNU
Diposting : Jumat, 03 Jun 2022, 08:10:29 | Dilihat : 511 kali
GELAR SEMNAS, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING BUKU DAN IJAZAH KITAB WAKIL ROIS AAM PBNU


Media Center - Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan Seminar Nasional dengan tema, “Bedah PemikiranTokoh tentang Pancasila dan Indonesia” pada Kamis, (2/6). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni. Acara bertempat di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Lantai 3 UIN KHAS Jember, berlangsung mulai dari pukul 13.00-16.00 WIB.

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, dan Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E., M.M. sebagai Rektor UIN KHAS Jember turut hadir dan memberikan sambutan sebelum acara seminar dimulai. Acara Seminar Nasional selanjutnya akan diisi oleh Dr. [HC] KH. Afifuddin Muhajir, M. Ag sebagai Wakil Ketua Rais Aam PBNU dan KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman sebagai Wakil Bupati Kab. Jember atau Putra KH. Achmad Siddiq Jember.

Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I menyampaikan, pentingnya memahami pancasila secara utuh, utamanya generasi milenial.

“Adik-adik mahasiswa yang hidup di tahun 2000-an ke atas, dalam beberapa penelitian sudah banyak yang tidak mengenal Pancasila. Karena UU Sistem Pendidikan Nasional (Sikdisnas) Nomor 20 Tahun 2003 telah meniadakan Pancasila dalam kurikulumnya,” ujar Prof. Haris yang juga Director Moeslim of World Bekasi.

Prof. Haris juga menuturkan bahwa hal tersebut terjadi karena adanya huru-hara reformasi Orde Baru yang membuat ideologi bangsa ini goyah. Oleh karena itu dirasa wajar jika anak-anak milenial ini kurang paham tentang Pancasila, apalagi terkait pemikiran tokoh tentang Pancasila dan Indonesia.

“Jika tidak paham Pancasila maka akan bahaya. Ideologi transnasional seperti Hisbut Tahrir Indonesia (HTI) bisa masuk dengan mudah, menyusup dalam pemikiran muda mudi Indonesia. Maka dari itu, dengan adanya peringatan Hari Lahir Pancasila semoga bisa menambah pemahaman kita semua,” tambah Prof. Haris yang juga Pengasuh Ponpes Darul Hikam Mangli, Jember.

Acara kemudian dilanjut dengan launching buku dari Tim Pusat Studi Hukum, Pancasila, dan Konstitusi (PUSHPASI) berjudul “Paradigma Hukum Berbasis Pancasila” yang diwakili oleh Dr. Hj. Qurrotul Uyun, S.H., M.H., sebagai Direktur PUSHPASI Fakultas Syariah yang secara simbolis diberikan kepada Rektor UIN KHAS Jember, Wakil Ketua Rois Aam Syuriah PBNU dan Wakil Bupati Jember. 

Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E., M.M. dalam sambutannya menjelaskan, Pancasila pada dasarnya sudah sering kita dengar dan pelajari mulai dari bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun yang menjadi pertanyaan apakah sudah dilaksanakan secara penuh oleh masyarakat, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa. 

“Saya kira itu penting, supaya NKRI itu tetap utuh. Pancasila sebagai perekat semuanya. Kita sebagai anak bangsa tentunya harus bisa melaksanakan sila-sila pancasila,” ujarnya. 

Acara dilanjutkan dengan ijazah Kitab Fathul Mujib al Qarib dan Kitab Jumhuriyatu Indonesia al Muwahaddah fi Mizanis Syariah yang dilakukan secara langsung oleh pengarangnya yaitu Dr. [HC] KH. Afifuddin Muhajir, M. Ag.

Peserta hadir secara offline sekitar 500 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari dosen, mahasiswa, beberapa ormas Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

 

Reporter: Erni Fitriani

Editor : Arinal Haq

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;