syariah@uinkhas.ac.id -

FAKULTAS SYARIAH GANDENG PW LTN NU DAN ASPIRASI DALAM PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL

Home >Berita >FAKULTAS SYARIAH GANDENG PW LTN NU DAN ASPIRASI DALAM PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL
Diposting : Jumat, 15 Oct 2021, 12:03:21 | Dilihat : 268 kali
FAKULTAS SYARIAH GANDENG PW LTN NU DAN ASPIRASI DALAM PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL


Media Center-Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2021, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menggandeng dua lembaga bergengsi untuk saling bersinergi. Dua Lembaga tersebut adalah Asosiasi Penulis dan Peneliti Islam Nusantara Seluruh Indonesia (ASPIRASI) dan Pimpinan Wilayah Lembaga Ta’lif wa an-Nasyr NU Jawa Timur (PW LTN NU Jatim).

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah meliputi lomba karya tulis ilmiah dan pelatihan menulis, serta seminar kepesantrenan.

Latar belakang adanya lomba karya tulis ilmiah ini bertujuan memperkenalkan khazanah Islam Nusantara yang moderat, toleran, akomodatif terhadap budaya, agar generasi muda tidak mudah terjebak dengan paham keislaman yang radikal dan intoleran.

Dr. Winarto Eka Wahyudi, M. Pd. I menguatkan bahwa acara ini bertujuan sebagai peningkatan pemahaman Islam Nusantara, "Hal ini kita upayakan agar generasi muda kelak lebih memahami pentingnya merajut keislaman dalam bingkai keindonesiaan," terang Sekretaris Jenderal ASPIRASI itu.

Adapun lomba karya tulis ilmiah sudah dibuka sejak 17 September sampai 10 Oktober lalu. Pemenang akan diumumkan bersamaan dengan pelatihan menulis untuk mahasiswa UIN KHAS Jember pada tanggal 27 Oktober mendatang.

KH. Ahmad Najib AR, M.Th.I. mengungkap sangat mendukung acara ini sebagai pengembangan kompetensi santri yang merupakan bagian dari program kerja NU.

"Alhamdulilah, program ini sejalan dengan tupoksi dan program LTN NU dalam memperkuat kompetensi di kalangan santri dalam berkontribusi di bidang literasi," ungkapnya yang sekaligus Ketua LTN NU Jatim

Melalui kegiatan ini diharapkan lahir penulis yang berkualitas dari kalangan santri. Hal ini mengingat sebagai ulama terdahulu tetap masyhur sebab karya tulisnya tetap dipelajari hingga saat ini.

Tidak hanya dukungan yang diberikan oleh ASPIRASI dan LTN NU, kedua lembaga ini juga bertindak sebagai tim penilai dari karya tulis peserta.

"Harapannya nanti bisa dikembangkan menjadi kerjasama penerbitan karya," tambah Najib.

Pada kesempatan itu, perwakilan LTN NU juga menjadi narasumber dalam pelatihan menulis yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional, bertepatan pada tanggal 27 Oktober 2021.

Fakultas Syariah, ASPIRASI, dan juga LTN NU bekerjasama untuk mengakomodir semua naskah yang masuk untuk memastikan naskah peserta bukan plagiasi, melakukan sosialisasi informatif agar banyak yang terinspirasi.

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. mengaitkan acara ini agar menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi digital 4.0. "Harapannya, semoga kita semakin menerapkan dan membumikan nilai-nilai kesantrian dalam kehidupan sehari-hari, dengan tetap menyesuaikan konteks di masa sekarang terutama era digital 4.0," pungkas Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember itu.

Rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional ini akan ditutup dengan seminar kepesantrenan yang membahas peluang pesantren dengan adanya UU Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Dana ini kelak dialokasikan untuk pesantren dan untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren.

 

Reporter : Arinal Haq

Editor: Siti Junita

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;