syariah@uinkhas.ac.id -

FAKULTAS SYARIAH GANDENG APSI JEMBER KEMBALI GELAR PENDIDIKAN PROFESI ADVOKAT

Home >Berita >FAKULTAS SYARIAH GANDENG APSI JEMBER KEMBALI GELAR PENDIDIKAN PROFESI ADVOKAT
Diposting : Senin, 21 Feb 2022, 13:17:24 | Dilihat : 645 kali
FAKULTAS SYARIAH GANDENG APSI JEMBER KEMBALI GELAR PENDIDIKAN PROFESI ADVOKAT


Media Center - Sebagai usaha sadar untuk melahirkan dan mencetak advokat syariah yang berakhlak dan bermartabat, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPC APSI) Jember mengadakan Pendidikan Profesi Advokat Angkatan III pada tahun ini. Acara tersebut dibuka pada tanggal 18 Februari 2022 yang diselenggarakan di Laboratorium Mahkamah Konstitusi (MK) Lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pendidikan Profesi Advokat merupakan pendidikan khusus sebagai langkah awal bagi lulusan sarjana hukum untuk menjadi seorang advokat dengan memberikan materi tentang hukum acara di semua lingkungan peradilan, teknik peradilan dan lain sebagainya.

Achmad Hasan Basri, M. H., juga menjelaskan bahwa dirinya merasa bangga atas kesedian DPC APSI Jember berkolaborasi dengan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk mengadakan acara ini.

“Kedepannya semoga kita bisa bekerja sama dalam bidang yang lain,” harapnya.

Acara tersebut diikuti oleh puluhan alumni sarjana hukum dari berbagai perguruan tinggi, bukan hanya dari kalangan alumni sarjana hukum UIN KHAS Jember saja.

 

“Acara ini diselenggarakan untuk memfasilitasi dan memotivasi para sarjana hukum yang mempunyai keinginan untuk menjadi penegak hukum yang profesional sesuai syariat Islam,” tutur Achmad Hasan Basri, Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Dalam acara opening ceremoni tersebut dimulai dengan sambutan dari DPC APSI Jember, kemudian dilanjutkan Dr. Martoyo, S. H. I., M. H. sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, dan terakhir dari DPW APSI Jawa Timur sekaligus sebagai pembuka acara.

Dr. Martoyo, S. H. I., M. H., menjelaskan bahwa profesi advokat merupakan peluang yang harus dimanfaatkan bagi para sarjana Fakultas Syariah. Dengan menjadi advokat, maka dapat menjadi bagian dari profesi terhormat sebagai penegak hukum.

Insya Allah jika para sarjana syariah yang mewarnai profesi advokat maka penegakan hukum dan keadilan di Indonesia akan semakin baik,” tutur Martoyo dalam sambutannya.

 

Dengan diselenggarakan acara tersebut panitia pelaksana menaruh harapan untuk kedepannya agar acara yang seperti ini harus konsisten diadakan. Tentunya diharapkan juga antusias peserta untuk mengikuti Pendidikan Profesi Advokat angkatan selanjutnya.

“Semoga sukses dan lancar hingga penutupan,” pungkas Hasbi, Ketua DPC APSI Jember periode 2022-2027.

 

Reporter: Lia Amelia Rahmah

Editor: Siti Junita

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;