syariah@uinkhas.ac.id -

DI PENGHUJUNG TAHUN 2021, LKBHI IAIN JEMBER SABET DUA PENGHARGAAN KEMENKUMHAM RI

Home >Berita >DI PENGHUJUNG TAHUN 2021, LKBHI IAIN JEMBER SABET DUA PENGHARGAAN KEMENKUMHAM RI
Diposting : Rabu, 05 Jan 2022, 08:18:59 | Dilihat : 1119 kali
DI PENGHUJUNG TAHUN 2021, LKBHI IAIN JEMBER SABET DUA PENGHARGAAN KEMENKUMHAM RI


Media Center: Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) IAIN Jember dinobatkan sebagai salah satu Organisasi Bantuan Hukum (OBH) terbaik tahun 2021 di Jawa Timur. Kriteria yang digunakan adalah ketercapaian jumlah pemberian bantuan hukum kepada masyarakat miskin sesuai target yang ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham RI). Prosesi penyerahan tersebut diberikan oleh Kanwil Kemenkumham di Kantor Wilayah Kemenkumham di Jl. Kayoon No. 50-51, Embong Kaliasin, Genteng Surabaya dalam acara Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja (28/12).

Selain itu, LKBHI IAIN Jember juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu mitra yang bekerja sama dengan baik untuk merealisasikan Pengadilan Agama Situbondo sebagai Wilayah Bebas Korupsi (31/12). 

LKBHI merupakan lembaga OBH yang berada di bawah naungan perguruan tinggi. Di Jember terdapat 6 OBH yang terakreditasi oleh Kemenkumham, salah satunya LKBHI IAIN Jember. 

Lembaga itu bergerak untuk memberikan bantuan hukum secara gratis untuk masyarakat kurang mampu. Layanan bantuan hukum yang dilaksanakan oleh LKBHI IAIN Jember dalam ranah litigasi (pendampingan di dalam pengadilan) dan non-litigasi seperti kegiatan penyuluhan hukum di masyarakat, pemberdayaan hukum, konsultasi hukum, negosiasi, mediasi, investigasi hukum dan lainnya. Selain layanan bantuan hukum secara probono kepada masyarakat tidak mampu, para advokat LKBHI juga menangani kasus profesional/profit.

“Nah yang layanan bantuan hukum ini memang kita getol melaksanakan pendampingan kepada masyarakat kurang mampu. Selain agenda utama LKBHI adalah memberikan layanan bantuan hukum secara gratis kepada mayarakat kurang mampu sejatinya visi utamanya yakni memberdayakan alumni fakultas syariah,” ucap Rina Suryanti, S.H.I., M. Sy., sekretaris LKBHI IAIN Jember.

Direktur LKBHI IAIN Jember, Moh. Ali Syaifudin Zuhri, S.E.I., M.M., menyatakan bahwa pencapaian yang diperoleh adalah bentuk dari dukungan dan hasil jerih payah seluruh elemen. Selain itu ia juga menjelaskan LKBHI ini sebagai wadah untuk memberdayakan mahasiswa dan juga alumni Fakultas Syariah UIN KHAS.

“Dedikasi ataupun kinerja dari tim LKBHI dalam pemberian layanan bantuan dan hukum kepada masyarakat ini mendapatkan sambutan yang bagus dari pihak Pengadilan Agama Situbondo, karena terus terang di tahun ini sinergi kita mampu untuk membantu merealisasikan Pengadilan Agama Situbondo menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Kami mampu bersinergi dengan beberapa mitra kami di lembaga peradilan baik yang ada di Situbondo ataupun sekitarnya seperti Bondowoso dan Jember,” pungkasnya.

Prof. Dr. Kiai M. Noor Harisudin, M. Fil. I., Dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengapresiasi pencapaian yang diperoleh tim LKBHI IAIN Jember. Harapannya agar selalu berkarya untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat sehingga tidak hanya berhenti pada pencapaian yang telah diperoleh.

“Di situ wadah para alumni untuk bekerja secara profesional di bidang hukum dan ternyata menjadi yang terbaik di seluruh Jawa Timur. Itu artinya bahwa alumni kita bukan hanya terbaik di IAIN Jember tetapi juga terbaik di kalangan praktisi hukum khususnya di Jawa Timur,” pungkasnya.

 

Reporter: Lia Amelia Rahmah

Editor: Izzah Qotrun Nada

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;