syariah@uinkhas.ac.id -

CIPTAKAN AKADEMISI ILMIAH, MEDIA CENTER ADAKAN PELATIHAN SITASI BERSAMA MENDELEY

Home >Berita >CIPTAKAN AKADEMISI ILMIAH, MEDIA CENTER ADAKAN PELATIHAN SITASI BERSAMA MENDELEY
Diposting : Sabtu, 19 Feb 2022, 08:06:56 | Dilihat : 517 kali
CIPTAKAN AKADEMISI ILMIAH, MEDIA CENTER ADAKAN PELATIHAN SITASI BERSAMA MENDELEY


Media Center- Berbicara mengenai dunia kepenulisan, dalam proses menghasilkan karya imiah, seorang penulis pasti membutuhkan kumpulan hasil penelitian yang sudah diproduksi oleh para pendahulunya. Mulai dari latar belakang, kajian teori, metode peneltiian, pembahasan, dan lainnya tentu semua itu membutuhkan proses pengutipan. Merespon hal itu, Media Center Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember mengadakan Pelatihan Menulis Jurnal Scopus Menggunakan Mendeley pada Rabu, (16/2) pukul 10.00-12.00 WIB secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Turut Hadir dalam acara tersebut yaitu Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah, dan Fiqru Mafar, M.IP. sebagai Dosen Ilmu Perpustakaan UIN KHAS Jember sekaligus narasumber pada acara kali ini. Acara dipandu oleh Lia Amelia Rahmah yang juga Anggota Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Wildan Rofikil Anwar, S.H. sebagai Ketua Umum Media Center Periode 2021-2022 menyatakan, acara ini merupakan agenda terakhir untuk kepengurusannya, dan dia berharap agar Media Center bisa semakin maju dan berkembang.

“Ini merupakan agenda terakhir dari kepengurusan di bawah saya. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran kepengurusan, pembina, dewan ahli, terutama Prof Haris sebagai dekan, yang selalu mensupport kami, baik dalam kegiatan dan semacamnya. Dan saya ucapkan selamat atas ditetapkannya adik saya, Nury Khairil Jamil sebagai Ketua Umum Media Center Periode 2022-2023,” ungkap Wildan.

Wildan menambahkan, tujuan dari acara ini yaitu mempertajam ilmu kepenulisan dalam hal ini karya ilmiah terfokus pada jurnal ilmiah.

“Saya berharap dengan adanya acara ini, baik peserta maupun anggota Media Center Fakultas SyariahUIN KHAS Jember bisa mengejawantahkan ilmu yang didapatkan,” katanya.

Selanjutnya, Prof. Dr. M. Noor. Harisudin, M.Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dalam sambutannya menyampaikan, acara ini hadir untuk menfasilitasi mahasiswa dan dosen baik dalam maupun luar lingkup UIN KHAS Jember. Dalam acara tersebut juga diselingi dengan launching Tim Jurnal Scopus Fakultas Syariah.

“Terimakasih kepada segenap panitia yang telah menfasilitasi acara ini. Kita tidak pernah berhenti untuk mengupdate pengetahuan kita.  Kalau ada orang yang merasa bahwa dirinya sudah pintar, maka sesungguhnya dia adalah orang yang bodoh, termasuk dalam hal ini adalah kepenulisan,” tukas Prof. Harisudin yang juga sebagai Ketua APHTN-HAN itu.

Prof. Haris (sapaan akrabnya) juga menambahkan bahwa di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memang cukup sering mengadakan pelatihan menulis jurnal.

“Dalam hal kepenulisan ini akan terus diasah dari waktu ke waktu di fakultas syariah melalui Media Center. Dengan pelatihan menulis jurnal, pelatihan metode penelitian, pelatihan menulis jurnal scopus, pelatihan mendeley, ini semua kami lakukan semata-mata untuk penguatan kepenulisan utamanya bidang jurnal. Insyaallah kegiatan semacam ini  akan terus kita lakukan agar mahasiswa terbiasa menulis jurnal dan bukuilmiah,” tutur Prof. Harisudin sekaligus membuka acara dan lauching Tim Jurnal Scopus.

Fiqru Mafar, M.IP. sebagai narasumber utama dalam acara tersebut menjelaskan mengenai macam-macam model sitasi. Ada citavi, mendeley, bibme, RefDB, Zotero, EndNote, BibSonomy, readcube, qiqqa, papper, dan lainnya.

Mendeley merupakan aplikasi gratis manajemen informasi yang berfungsi untuk mengelola referensi (aplikasi reference manager), membaca dan anotasi, sitasi, dan kolaborasi.Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meggunakan mendeley yaitu dengan mendownload aplikasi mendeley di mendeley.com.

“Mendeley sejak tahun 2019 kemarin mengeluarkan 2 versi, ada yang versi mendeley reference manager for dekstop dan ada mendeley dekstop. Bedanya kalau mendeley referece manager for dekstop itu lebih ditujukan untuk pengguna office 365. Bagi mereka yang tidak menggunakan office 365 lebih cocok menggunakan mendeley desktop, meskipun keduanya bisa dipakai secara bersamaan,” ungkapnya.

Setelah proses penginstalan selesai,mendeley akan bekerja dengan aplikasi msword. Agar bisa digunakan untuk sitasi, maka perlu diinstal pluginnya terlebih dahulu. Jika berhasil terinstal nantinya logo mendeley akan otomatis muncul dalam menu reference di microsoft word.

Selanjutnya, cara membangun dan mengelola ‘perpustakaan pribadi versi sederhana’. Pertama login ke mendeley, kemudian input yaitu dengan add file, add folder, watch folder, dan add entry manualy.

“Yang terpenting dalam proses pengutipan kita harus tahu kira-kira jurnal tujuan kita mau menggunakan model kutipan/template seperti apa. Caranya, pilih reference, insert citation, cari buku/jurnalnya. Daftar pustaka maka pilih insert, blibliografi,” ujarnya.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, belangsung meriah diikuti oleh puluhan peserta dari dalam maupun luar kampus UIN KHAS Jember.

Dalam sesi akhir, Fiqru Mafar menyampaikan closing statemen tentang pentingnya belajar menulis.

“Menulis itu menjadi bagian, menjadi bukti bahwa kita itu pernah ada. Sehebat apapun orangnya, ketika kita tidak pernah menghasilkan sebuah karya tulis, maka orang setelahnya  tidak akan mengenal siapa dia, sehingga dia dianggap tidak ada. Maka dari itu, jika anda eksistensinya ingin diakui maka menulislah karena dengan menulis maka aku ada.

Reporter : Erni Fitriani

Editor : Arinal Haq

 

 

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;