syariah@uinkhas.ac.id -

CERITAKAN PERJUANGAN DI AMERIKA SERIKAT, AINUR RAHIM: BEASISWA MENJADI JURUS JITU

Home >Berita >CERITAKAN PERJUANGAN DI AMERIKA SERIKAT, AINUR RAHIM: BEASISWA MENJADI JURUS JITU
Diposting : Sabtu, 06 Aug 2022, 05:40:01 | Dilihat : 705 kali
CERITAKAN PERJUANGAN DI AMERIKA SERIKAT, AINUR RAHIM: BEASISWA MENJADI JURUS JITU


Media Center - Ceritakan kehidupan dan pendidikan di Amerika Serikat, Ainur Rahim hadir dalam Webinar Daring "Ngobrol Bersama Mas Ainur Rahim: Berbagi Cerita Hidup di Amerika."

Acara ngobrol tersebut diselenggarakan oleh Media Center Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, melalui ruang Zoom pada Jumat (05/08).

Webinar yang dimoderatori oleh Yufi Cantika Sukma Ilahiah, turut dihadiri Nury Khoiril Jamil sebagai Ketua Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil.I. sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang memberikan opening speech.

Ketua Media Center, Jamil dalam sambutannya menyatakan kendala bagi mahasiswa untuk ke luar negeri dapat dijawab melalui acara ngobrol. 

"Terkait tema, diharapkan adanya stimulus melalui bocoran rahasia berkuliah dan berkarir di luar negeri," ucap Ketua Media Center Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Dekan Fakultas Syariah pada opening speech mengungkapkan konsistensi Fakultas Syariah dalam membangun nuansa berdiskusi bagi mahasiswa syariah dan mahasiswa lain secara umum.

“Pada kesempatan ini, dengan ngobrol bersama Ainur Rahim diharapkan sebagai wadah keilmuan melalui pengalamannya," ungkap Dekan yang juga Ketua Asosiasi Dosen Pergerakan. 

Inspirasi dari pengalaman menjadi ketertarikan dengan adanya acara ngobrol bersama Ainur Rahim.

"Sudah banyak acara Internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah, tetapi dari Amerika baru saat ini. Terlihat sederhana, tetapi substansi acara sangat luar biasa," imbuh Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.

Pada inti acara, Ainur Rahim memaparkan perjuangan mencapai Amerika Serikat dan pentingnya bahasa sebagai komunikasi.

"Problematika utama ialah teman-teman belum memberikan cukup waktu untuk belajar Bahasa Inggris. Sementara di sini, sekurang-kurangnya harus bisa empat bahasa dalam studi religi," tutur Ainur Rahim yang sedang berada di Seattle, Amerika Serikat.

Membicarakan kehidupan akademik, Ainur Rahim mengungkapkan fasilitas institusi pendidikan yang sangat luas dengan vitalitas inovasi. 

"Terdapat 3 beasiswa yang tersedia di Amerika Serikat, beasiswa asistensi riset, beasiswa fulbright, dan beasiswa dari pemerintah Indonesia baik LPDP ataupun Kemenag," tambah Ainur yang aktif di Washington State University.

Terakhir, Ainur Rahim mengajak Fakultas Syariah UIN KHAS Jember bekerja sama dengan Washington State University untuk membuka jalan bagi mahasiswa.

"Teman-teman harus fokus kepada pendidikan. Kuliah dulu serta perdalam bahasa Inggris sebagai bekal pendidikan dan mendapatkan beasiswa," pungkas sosok peneliti dengan publikasi "Soedjatmoko: Guru Humanisme Indonesia".

Acara Ngobrol bersama Ainur Rahim diikuti dengan antusias tinggi oleh peserta dari internal Fakultas Syariah dan umum. 

Reporter : Arvina Hafidzah

Editor : Arinal Haq

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;