syariah@uinkhas.ac.id -

BANYAK PEMINAT, APSI DAN FAKULTAS SYARIAH AKAN GELAR DIKLAT ADVOKAT FEBRUARI 2022

Home >Berita >BANYAK PEMINAT, APSI DAN FAKULTAS SYARIAH AKAN GELAR DIKLAT ADVOKAT FEBRUARI 2022
Diposting : Jumat, 28 Jan 2022, 12:36:59 | Dilihat : 613 kali
BANYAK PEMINAT, APSI DAN FAKULTAS SYARIAH AKAN GELAR DIKLAT ADVOKAT FEBRUARI 2022


Media Center - Melahirkan advokat syariah yang berintegritas dan menjunjung tinggi kode etik lembaga adalah visi setiap fakultas hukum untuk para alumninya. Untuk merealisasikan visi tersebut, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember bersinergi dengan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Dewan Pimpinan Cabang (APSI DPC) Jember dalam program “Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat” pada bulan Februari mendatang. Pelatihan ini akan digelar sebanyak dua kali, pada Jum'at-Minggu (18-20/2) dan Jum'at-Minggu (25-27/2) bertempat di Gedung Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Lantai 2.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten yaitu M. Hasby Ash-Siddiqi, S.H.I., sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APSI Jember, kemudian Sulasi Abdurrozaq, S.H.I., M.I.P., sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APSI Jawa Timur, dan Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M.Fil.I., sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Selain tiga narasumber tersebut, ada beberapa materi yang akan disampaikan juga oleh dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, tentang hukum waris, ekonomi Islam dan perkawinan.

“Pelatihan ini sangat penting sebagai wujud komitmen APSI dan juga Fakultas Syariah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjadi pembeda antara advokat konvensional dengan advokat syariah," tutur M. Hasby Ash-Siddiqi, S.H.I., yang juga menjabat sebagai advokat Jember.

Pendidikan dan pelatihan profesi advokat sudah berjalan untuk yang ketiga kalinya. Angkatan pertama tahun 2018 sedangkan angkatan yang kedua tahun 2021. Adapun kegiatan yang saat ini akan dilakukan adalah kegiatan yang ketiga.

?Kami sangat berterimakasih kepada Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang selama ini banyak sekali melahirkan kader-kader advokat syariah," pungkas Sulasi sebagai Ketua Umum DPW APSI Jawa Timur tersebut.

Kerja sama Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan APSI DPC Jember adalah simbiosis mutualisme. Fakultas Syariah sebagai lembaga pendidikan mengupayakan para alumninya dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Sementara APSI adalah organisasi advokat yang concern (perhatian) dengan bidang syariah.

“Pendidikan Advokat tidak akan terselenggara tanpa bekerja sama dengan perguruan tinggi. Oleh karena itu, kerjasama APSI dan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember saling menguntungkan. Apalagi kami memang mempunyai hubungan keilmuan serta historis dengan teman-teman yang aktif di APSI," ungkap Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M.Fil.I sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pendidikan dan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester akhir dan alumni yang berminat dalam bidang advokat. Karena dalam pelatihan tersebut akan mendapatkan banyak ilmu, memperluas relasi, mengasah skill dan kompetensi yang berkaitan dengan aktualisasi para alumni di tengah masyarakat nantinya.

 

Reporter : Khulaila Inda Fikriyah

Editor : Arinal Haq

 

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;