syariah@uinkhas.ac.id -

BANGUN JIWA KOMPETISI, HMPS HTN GELAR FESHARA 2023

Home >Berita >BANGUN JIWA KOMPETISI, HMPS HTN GELAR FESHARA 2023
Diposting : Jumat, 01 Dec 2023, 15:35:03 | Dilihat : 334 kali
BANGUN JIWA KOMPETISI, HMPS HTN GELAR FESHARA 2023


Media Center - Dalam rangka memperkuat pemahaman dan kesadaran hukum di kalangan mahasiswa, HMPS HTN menyelenggarakan Festival Hukum Tata Negara (FESHARA) 2023 sejak tanggal 28 November sampai dengan 03 Desember 2023. Festival yang bertujuan mengedukasi dan mengajak mahasiswa untuk lebih memahami hukum tata negara ini berhasil memeriahkan dunia kampus dengan berbagai kegiatan menarik. Serta menghadirkan tantangan menarik bagi mahasiswa dalam ranah akademik dan non-akademik.

Ketua Panitia FESHARA, Fathurrahman menjelaskan insight tentang keenam lomba yang diadakan. FESHARA tahun ini menjadi momentum luar biasa untuk mahasiswa menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai bidang. Kami berharap dapat membangun semangat kompetisi dan kolaborasi di antara peserta.

"Lomba akademik menjadi fokus utama, dengan empat kategori menantang yang melibatkan analisis mendalam tentang hukum tata negara. Lomba debat, buku olimpiade hukum, KTI (Karya Tulis Ilmiah). Sementara itu, lomba non-akademik memberikan warna berbeda dalam FESHARA tahun ini. Kategori futsal dan Mobile Legends menarik perhatian mahasiswa yang ingin menunjukkan keterampilan dan semangat tim mereka di luar kelas.," ujarnya.

Ketua Umum HMPS HTN (Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara), Syaif Angga Mahbubillah, mengartikan HMPS HTN  sebagai dua atau lebih orang yang berada di dalam satu wadah yang sama dan memiliki satu tujuan. Sebuah harapan harapan untuk mewujudkan cita cita kampus atau khususnya Program Studi Hukun Tata Negara.

"Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) adalah sebuah organisasi intra yang menaungi Program Studi Hukum Tata Negara dan juga wadah yang berfungsi sebagai salah satu sarana yang menampung segala bentuk bakat dan minat warga HTN serta menjaga solidaritas sehingga kapabilitas dan bakat minat tiap perseorangan dalam bidang seni, publik speaking maupun tulis menulis dapat ditransferkan dengan baik kepada seluruh warga HTN tanpa terkecuali," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Angga (sapaan akrabnya) mengatakan Dengan mengadakan beberapa lomba akademik maupun non akademik seperti debat konstitusi, LKTI, Olimpiade hukum, video Kreatif, Mobile legend dan futsal diharap menjadi solusi dari pada tujuan diadakannya FESHARA, yaitu untuk menemukan mutiara-mutiara potensi dari warga HTN.

“Mengeksploitasi bakat dan minat warga HTN serta tetap menjaga satu kesatuan sebagai keluarga yang utuh. Hal ini mampu dicapai dengan menjaga persaudaraan kalah menang menjadi sportifitas,” tambah Angga.

Koordinator Program Studi Hukum Tata Negara, Sholikul Hadi, S.H., M.H., mengatakan bahwa HMPS HTN akan sangat bagus karena  yang telah dilakukan merupakan kompetensi yang wajib dikuasai oleh mahasiswa program studi hukum tata negara terutama adalah dalam bidang hukum baik mengenai teori maupun juga prakteknya.

"Salah satunya misalnya dalam kompetisi debat hukum agar mampu untuk mempertahankan argumen. Bahwa apa yang diyakini kebenarannya sesuai dengan ketentuan peraturan, yang kemudian dipertahankan sehingga bisa membangun pembangunan hukum nasional dan baik" tutur Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Dr. Ahmadiono, M.E.I mengapresiasi inisiatif HMPS HTN dalam menyelenggarakan kompetesi FESHARA.

“Kompetisi internal seperti ini membantu mahasiswa dalam mengasah kemampuan analisis dan mental kompetitif, yang merupakan modal penting dalam menghadapi tantangan di tingkat yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dr. Ahmadiono menyoroti potensi lomba internal sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi event nasional dan internasional.

“Dengan menghadapi kompetisi di tingkat internal, mahasiswa dapat membangun pengalaman dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di tingkat yang lebih luas. Ini merupakan tangga awal yang penting bagi mahasiswa untuk meraih kesuksesan di event-event besar di luar kampus,” tuturnya.

Terkait dengan keberhasilan lomba sebelumnya, HMPS HTN berharap mahasiswa dapat memanfaatkan pengalaman ini sebagai bekal dalam menghadapi tantangan di masa depan. Lomba ini juga dianggap sebagai salah satu cara untuk merangsang partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membentuk karakter dan kemampuan mereka di luar ruang kelas.

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor : Lutvi Hendrawan

Berita Terbaru

Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah
Antarkan Tiga Prodi Unggul, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Raih Academic Award
23 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;