syariah@uinkhas.ac.id -

BANGUN JIWA JURNALIS, MEDIA CENTER GELAR EJC 2023 BAGI MAHASISWA

Home >Berita >BANGUN JIWA JURNALIS, MEDIA CENTER GELAR EJC 2023 BAGI MAHASISWA
Diposting : Jumat, 09 Jun 2023, 10:40:19 | Dilihat : 566 kali
BANGUN JIWA JURNALIS, MEDIA CENTER GELAR EJC 2023 BAGI MAHASISWA


Media Center-Dalam rangka mengembangkan jiwa jurnalis mahasiswa, Media Center Fakultas Syariah kembali gelar acara EJC (Elementary Journalism Class). Pada Sabtu (03/06/2023), acara EJC Media Center Fakultas Syariah tersebut bertempat di Aula VIP lantai 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB -14.30 WIB serta membawa tema “Developing The Soul Of Journalist In Digital Literacy Era”.

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. M Noor Harisudin, M.Fil.I., Ketua PUSDIKLAT, Achmad Hasan Basri, M.H., Direktur Jawa Pos Radar Jember, Drs. Abdul Choliq Baya, M.I.Kom. selaku pemateri, dan Demisioner Media Center, Erni Fitriani, S.Pd. juga selaku pemateri.

Dalam materinya, Drs. Abdul Choliq Baya, M.I.Kom. menjelaskan bahwa dalam menulis  artikel opini biasanya memuat pendapat serta ide-ide dari penulis.

“Opini itu artinya pendapat anda. Pendapat anda tentang permasalahan yang ingin anda kasih solusi. Itu yang maksudnya artikel (opini),” jelas pak Abdul Choliq Baya yang juga merupakan Dosen Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Lebih lanjut, Drs. Abdul Choliq Baya, M.I.Kom. juga menerangkan bahwasannya berita memuat bahan-bahan yang berisikan fakta yang diambil serta dilihat langsung oleh reporter.

“Reporter atau wartawan tidak boleh beropini dalam menulis berita. Namun wartawan boleh menulis artikel opini.” Tambahnya yang juga selaku Direktur Radar Jawa Pos Jember

Terakhir, pak Abdul Choliq (sapaan akrabnya) menyebutkan bahwasanya media publikasi berita memiliki karakter kebahasaan serta topik bahasannya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Erni Fitriani, S.Pd menjelaskan dalam materinya wawancara ialah teknik pengumpulan data atau informasi dalam kepenulisan berita.

“Wawancara merupakan suatu metode untuk mengumpulkan data atau informasi yang nantinya akan disusun menjadi sebuah berita.” ujar kak Erni (sapaan akrabnya) yang juga merupakan Demisioner Pengurus Media Center Fakultas Syariah.

Erni dalam materinya juga menerangkan bahwasannya dalam metode mengumpulkan berita tak hanya dengan wawancara saja, namun dapat melaluii observasi, kajian perpustakaan, statement of informant (argumen narasumber), dan lain-lain.

Tak lupa juga, dalam materinya, Erni juga menerangkan etika terkait wawancara.

“Kita itu harus senyum kepada narasumber supaya mereka (narsum) tidak takut. Kemudian mengucapkan salam dan permohonan maaf. Memperkenalkan diri dan nama media. Menjelaskan maksud wawancara. Terakhir mengucapkan terimakasih dan salam” Pungkasnya

Acara berlangsung dengan meriah dan antusias peserta, diikuti oleh puluhan peserta dari mahasiswa berbagai Fakultas  yang ada di UIN KHAS Jember.

 

Reporter: Agift Akmal Maulana

Editor: Lutvi Hendrawan

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;