syariah@uinkhas.ac.id -

AMBIL PERSPEKTIF DR. JASEER AUDA, FAKULTAS SYARIAH DAN PANDU DIGITAL ADAKAN WEBINAR CERDAS BER-DIGITAL

Home >Berita >AMBIL PERSPEKTIF DR. JASEER AUDA, FAKULTAS SYARIAH DAN PANDU DIGITAL ADAKAN WEBINAR CERDAS BER-DIGITAL
Diposting : Selasa, 30 May 2023, 16:00:24 | Dilihat : 484 kali
AMBIL PERSPEKTIF DR. JASEER AUDA, FAKULTAS SYARIAH DAN PANDU DIGITAL ADAKAN WEBINAR CERDAS BER-DIGITAL


Media Center- Dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia kecakapan digital secara positif, produktif, dan aman. Pada Senin (29/05/2023), Pandu Digital Indonesia berkolaborasi dengan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember adakan webinar literasi digital perguruan tinggi yang bertemakan “Cerdas Bermedia Sosial Sebagai Wujud Maqashid Syari'ah (Perspektif Jaseer Auda)”. Acara tersebut diselenggarakan secara daring via Zoom Meeting pada pukul 13.00-16.00 WIB.

Pada webinar kali ini  menghadirkan tiga narasumber berkompeten dalam bidangnya, yakni Ahmad Khoiri, M.H.I menjelaskan tentang Penguatan Literasi Digital dalam Aspek Digital Culture, Muhammad Mustafid menjelaskan tentang Penguatan Literasi Digital dalam Aspek Digital Ethics, dan Andika Renda Abadi menjelaskan tentang Penguatan Literasi Digital dalam Aspek Digital Safety.

Ahmad Khoiri, M.H.I. menjelaskan tentang Maqasyid Syariah Perspektif Jaseer Auda yang berdampak untuk kecerdasan bermedia sosial terhadap kemaslahatan atau kemafsadatan.

"Hifzun nasli yang  berkembang menjadi pelestarian keluarga, hifzul aqli yang berkembang menjadi pengembangan pemikiran ilmiah, hifzul irdi berkembang menjadi pelestarian harga diri manusia, hifzud-din berkembang menjadi kebebasan beragama dan hifzul mali yang  berkembang menjadi pelestarian ekonomi," pungkas Ahmad Khoiri, M.H.I. yang juga selaku Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.  

Dalam materinya juga, Muhammad Mustafid menjelaskan dalam kecakapan literasi digital itu tidak hanya sekedar bisa  mengoperasikan alat.

“Dalam bermedia digital harus mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab dan berperilaku terbaik di ruang digital dan di tengah masyarakat digital“ tutur Muhammad Mustafid yang juga selaku Dewan Etik UNU Yogyakarta.

Selanjutnya, Andika Renda Abadi mengatakan bahwa dalam bermedia digital harus melakukan langkap STOP (See, Talk, Observe, Prevent).

“Sebarkan informasi bermanfaat dan inspiratif, lakukan siskamling digital, pelajari literasi digital, dan bijak bersosial media” ujar Andika (sapaan akrabnya) yang juga sebagi Digital Trainer.

Acara tersebut dimoderatori oleh Hesti Purnama dan diikuti ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan civitas akademika.

 

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor : Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;