syariah@uinkhas.ac.id -

ADAKAN RAPAT LENGKAP PIMPINAN DAN ORGANISASI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH SIAPKAN BERBAGAI KEGIATAN INOVATIF DI TAHUN 2023

Home >Berita >ADAKAN RAPAT LENGKAP PIMPINAN DAN ORGANISASI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH SIAPKAN BERBAGAI KEGIATAN INOVATIF DI TAHUN 2023
Diposting : Kamis, 02 Feb 2023, 20:57:06 | Dilihat : 480 kali
ADAKAN RAPAT LENGKAP PIMPINAN DAN ORGANISASI MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH SIAPKAN BERBAGAI KEGIATAN INOVATIF DI TAHUN 2023


Media Center- Tepat pada hari ini, Kamis (02/02/2023) pukul 09:00-11:00 WIB. Fakultas Syariah mengadakan Rapat Koordinasi Pimpinan Lembaga, Pusat dan Komunitas di lingkungan Fakultas Syariah bertempat di Auditorium VIP Lantai II Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

Turut Hadir Dekan Fakultas Syariah Prof Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I., Wakil Fekan I, Dr. Muhammad Faisol, S.S, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. Sri Lumatus Sa’adah ,M.H.I., Kepala Bagian Tata Usaha Hesti Widyo Palupi, S.E., M.M., Kepala Jurusan Hukum Islam, Dr. Busriyanti, M.Ag, Koprodi HES, Dr. Ahmad Junaidi, M.Ag., Koprodi HTN, Solikul Hadi, SH, MH., Koprodi Hukum Pidana Islam, Dr. Abd. Wahab MHI, Direktur LKBHI, Direktur Pushpasi, Editor in Chief IJLIL, RSJ, Constitution, Sakinah, Clear, Lex Economica, HMPS HES, Kompas, LRDC, dan komunitas lain yang ada di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Rapat Koordinasi tersebut membahas program kerja selama satu tahun ke depan, laporan tiap Lembaga dan komunitas serta mengevaluasi program kerja yang telah terealisasi di tahun 2022. 

Prof. Dr. M. Noor Harisudin M. Fil I. selaku Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memimpin rapat koordinasi dengan memaparkan prestasi-prestasi serta pencapaian yang telah diraih Fakultas Syariah di tahun 2022.

“Fakultas Syariah sangat banyak mengadakan program-program yang mendukung untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan, tentunya ini perlu dipertahankan dan perlu kita evaluasi agar menjadi lebih luar biasa dan bisa menjadi lebih baik lagi. Utamanya lagi, ini dalam rangka serap masukan Pra Raker Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ” pungkas Prof. Haris yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.  

Prof Haris juga menambahkan bahwasannya perlu untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan adanya pelatihan-pelatihan yang mendukung, agar mahasiswa memiliki skill yang menunjang saat masuk di dunia kerja.

“Pelatihan jurnalistik, orientasi notaris, sekolah kepenghuluan, pelatihan advokat, pelatihan kader ulama, pelatihan contrac drafting, pelatihan legislative drafting, orientasi hakim, dan sebagainya. Ini sangat membantu bagi mahasiswa untuk mempunyai kompetensi yang ada di setiap bidangnya tentunya ini juga program yang sangat baik dan harus lebih dikembangkan” ujar Prof. Haris yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia

Disisi lain, Wakil Dekan I Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag. juga menjelaskan tentang mekanisme pemilihan untuk program kompetisi skripsi terbaik dan kriteria untuk memenuhi skripsi terbaik 

“Untuk penentuan skripsi terbaik itu dilihat dari perolehan nilai yang paling tinggi, yang ada di masing-masing prodi, karena kami menghargai proses dari mahasiswa saat membuat skripsi sampai dengan keluar nilai tersebut. karena unsur penilaian tersebut sudah tercantum dalam kolom penilaian verbal yang ada di skripsi. Adapun penilaian tersebut meliputi metodologi, proses bimbingan skripsi, kemampuan mahasiswa dalam menguatkan skripsinya, dan tingkat pemahaman mahasiswa. Dinilai dari 4 kriteria tersebut, perkuat proses sosialisasi, berdasarkan data” tutur Dr. Faisol yang alumni S3 UIN Pekanbaru Riau. 

Sementara itu, Dr. Busriyanti, M.Ag., yang juga sebagai Kepala Jurusan Hukum Islam menjelaskan akan mengadakan pengayaan bagi mahasiswa dengan mengadakan BIMTEK (Bimbingan Teknis) Skripsi yang juga bisa menunjang untuk kelulusan mahasiswa, hal ini juga membantu mahasiswa dalam berkompetisi untuk mendapatkan skripsi terbaik

“Untuk teknis BIMTEK nanti akan diselenggarakan secara offline untuk lebih efektif dan jika efektif bisa dilaksanakan setiap bulan” pungkas Bunda Yanti. 

Acara tersebut berlangsung secara dialogis, banyak masukan dan gagasan yang sudah disampaikan baik dari tiap-tiap pimpinan maupun dari perwakilan komunitas yang ada di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

 

Reporter: Lutvi Hendrawan 

Editor: Agift Akmal Maulana

Berita Terbaru

Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah
Delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Juara III Lomba Peradilan Semu Tingkat Nasional
02 Sep 2024By syariah
Terjunkan 534 Mahasiswa ke 65 Instansi, Fasya Gelar Pelepasan PKL di Stadion Imam Nahrowi
29 Aug 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;