syariah@uinkhas.ac.id -

ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK KE-4 TAHUN 2022, DEKAN SIAPKAN PROGRAM SHARIA WRITING DAY

Home >Berita >ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK KE-4 TAHUN 2022, DEKAN SIAPKAN PROGRAM SHARIA WRITING DAY
Diposting : Kamis, 11 Aug 2022, 23:27:09 | Dilihat : 406 kali
ADAKAN KOMPETISI SKRIPSI TERBAIK KE-4 TAHUN 2022, DEKAN SIAPKAN PROGRAM SHARIA WRITING DAY


Media Center- Gelorakan semangat riset hukum, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) kembali adakan Kompetisi Skripsi Terbaik Periode IV Tahun 2022.

Dilaksanakan secara daring melalui ruang zoom meeting pada Kamis (11/08), Kompetisi tersebut diikuti oleh mahasiswa terpilih Program Studi Hukum Keluarga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN).

Hadir sebagai nominator, 1) Muhammad Iqbal Fasya mewakili Prodi HK dengan Judul Skripsi “Fatwa Mui No.23 tahun 2020 Tentang Pemnafaatan Harta Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Jember)”, 2) Ali Akbar Ammar Ar-Rozi mewakili Prodi HES dengan Judul Skripsi, “Analisis Konsep Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Di Indonesia Perspektif Teori Keadilan John Rawls”, 3) Wanda Khofifah mewakili Prodi HPI dengan judul skripsi “Pembuktian Tindak Pidana Pembunuhan dengan Sidik Jari Perspektif Hukum Islam dan Hukum Acara Pidana”, dan 4) Nur Ghifar Alfarisi Putra Mandar mewakili Prodi HTN dengan judul skripsi “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 Dalam Penanggulangan Bencana di Kabupaten Jember.”

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I, dalam sambutannya menyatakan Kompetisi Skripsi Terbaik sebagai tradisi terbaik yang sudah dua tahun dilaksanakan dan kini diikuti oleh Fakultas lain di lingkungan UIN KHAS Jember.

“Kita tidak boleh berhenti berinovasi, karena kita terus akan berkompetisi dengan kampus lain. Kompetisi Skripsi Terbaik adalah salah satu program inovatif Fakultas Syariah yang terus kita kembangkan dan evaluasi,” ungkap Dekan yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.

Lebih lanjur, Prof. Haris menyebut program inovasi yang akan diluncurkan oleh Fakultas Syariah dalam waktu dekat, yaitu Sharia Writing Day. “Sharia Writing Day adalah hari dimana semua civitas akademika bersama-sama menulis. Kita tetapkan Hari Kamis. Kita buat menulis menjadi budaya dosen dan mahasiswa di Fakultas Syariah ”, tegas Guru Besar yang juga Ketua PP Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara.  

Acara yang dimoderatori oleh Dr. H. Ahmad Junaidi S.Pd, M.Ag. (Koordinator program studi Hukum Ekonomi Syariah), tersebut mengundang Dra. Sofkhatin Khumaidah, M.Ed., Ph.D. (Koordinator Program Studi S3 Studi Islam UIN KHAS Jember) dan Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I., M.S.I. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyrakat UIN KHAS Jember) sebagai reviewer.

Para reviewer melakukan pengujian terhadap metodologi skripsi, penguasaan materi, dan pertanggungjawaban skripsi.

Reviewer pertama, Sofkhatin mengungkapkan vitalitas kesinambungan antara judul skripsi dengan pembahasan yang oleh beberapa peserta masih belum diperlihatkan.  

“Jadikan referensi sebagai alat dalam mengembangkan pembahasan, jangan hanya kemudian di copy-paste saja. Di bagian akhir pembahasan dapat diberikan satu paragraf kesimpulan yang mempertegas adanya perbedaan skripsi dengan penelitian lain,” tutur Koprodi S3 Studi Islam yang terkenal fokus dalam dunia riset. Sofkhatin sendiri adalah lulusan S2 dan S3 Australia.

Pada kesempatan yang sama, Zainal Abidin menyatakan Kajian teoritis dalam penelitian tidak hanya berbicara mengenai lokalitas saja, melainkan harus menyesuaikan dengan tujuan sebagai pisau analisis.

“Pembahasan merupakan tafsiran dari peneliti, sementara peyajian data ialah menampilkan hasil olah data agar mudah dipahami. Mahasiswa harus memahami perbedaan antara keduanya,” pungkas Ketua LP2M UIN KHAS Jember.

Kompetisi Skripsi Terbaik tersebut diikuti dengan antusias tinggi oleh kalangan dosen dan mahasiswa yang berasal dari internal Fakultas Syariah dan umum.

 

Reporter          : Tsamrotul Ilmi Laila

Editor              : Arvina Hafidzah

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;