syariah@uinkhas.ac.id -

ADAKAN FGD BERSAMA GURU BESAR UNS & ASESOR INTERNASIONAL, PRODI HK SIAP TERAKREDITASI INTERNASIONAL

Home >Berita >ADAKAN FGD BERSAMA GURU BESAR UNS & ASESOR INTERNASIONAL, PRODI HK SIAP TERAKREDITASI INTERNASIONAL
Diposting : Selasa, 28 Jun 2022, 19:27:41 | Dilihat : 271 kali
ADAKAN FGD BERSAMA GURU BESAR UNS & ASESOR INTERNASIONAL, PRODI HK SIAP TERAKREDITASI INTERNASIONAL


Media Center- Ikhtiar wujudkan program studi terakreditasi internasional, Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember adakan Focup Group Discussion (FGD) bersama guru besar Universitas Sebelah Maret (UNS) Surakarta yakni Prof. Dr. Pujiyono, S.H., M.H. dan asesor bertaraf internasional yakni Dr. M. Fakhrie Husein, S.E., M.Si. pada Minggu 26/06 di Ballroom Hotel Sagan Heritage, Yogyakarta yang bertemakan “Penyusunan Instrumen Akreditasi Internasional di Hukum Keluarga”.

Salah satu program studi di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang terakreditasi A adalah Hukum Keluarga. Pencapaian atas peringkat tersebut membuat semangat lebih tinggi dalam meningkatkan mutu prodi yakni dengan internasionalisasi akreditasi.

“Kita harus memulai persiapan dari jauh-jauh hari demi tercapainya tujuan ini,” pungkas Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. selaku Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dalam sambutannya.

Prof. Harisudin akrabnya menilai bahwa akreditasi internasional merupakan visi serta kebutuhan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Akreditasi yang tinggi akan memiliki dampak besar baik bagi mahasiswa hingga alumni, baik dalam penunjang karir dan peningkatan kualitas.

Prof. Pujiyono yang juga merupakan Wakil Dekan I FH UNS telah berpengalaman dalam proses akreditasi internasional. Dalam paparannya menjelaskan betapa pentingnya suatu akreditasi dalam banyak hal.

“Mencapai itu perlu persiapan yang matang, kami sejak mendapat predikat A di BAN-PT memiliki inisiatif melakukan internasionalisasi akreditasi,” ungkapnya.

Dalam mencapai akreditasi internasional, Prof. Pujiono menjelaskan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mulai diterapkan dengan kelas internasional yakni menggunakan bahasa asing dalam proses KBM.

“Menariknya, dalam proses penilaian bukan hanya guru besar dan ahli, namun juga melibatkan mahasiswa asing. Sehingga mereka akan menilai sesuai dengan experience yang dimiliki ketika kuliah,” pungkasnya.

Setidaknya terdapat 8 tahap prosedur yang dilalui dalam akreditasi internasional mulai dari prepatory discussion, self evaluation report, Appointmen of the FIBAA expertpanel, one-site visit, accreditation report, statement by the University, final accreditation decision dan publication of the accreditation report.

“Benefitnya banyak yaitu, management quality, curriculum design, international undergraduate program, international collaboration dan accredited unggul by BAN-PT,” tegasnya.

Selain itu, Dr. M. Fakhri Husein dalam paparannya memberikan materi tentang internasionalisasi kegiatan dalam akreditasi 9 kriteria yang kompleks menjelaskan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nilai 4 (unggul).

“Prodi yang telah terakreditasi A lebih mudah dalam mendapatkan akreditasi internasional,” pungkasnya yang juga Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain memberikan materi tentang bagaimana cara UIN Sunan Kalijaga mendapat akreditasi internasional, Dr. M. Fakhri Husein juga menjelaskan tentang arah pengembangan penjaminan mutu internal UIN Sunan Kalijaga yakni BAN-PT/SPMI, AUN QA, IABEE, kemudian ISO.

Dalam akreditasi internasional terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan, seperti Expected Learning Outcomes, Programme Specification, Programme Structure & Content, Teaching and Learning Approach, Student Assessment, Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality and Support, Facilities and Infrastructure, Quality Enhancement dan output.

Reporter: Nury Khoiril Jamil

Editor: M. Irwan Zamroni Ali

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;