syariah@uinkhas.ac.id -

ADAKAN BIMTEK PENGELOLAAN JURNAL, DEKAN: KITA SUDAH PIKIRKAN PENERBITAN JURNAL PER PRODI TAHUN 2023

Home >Berita >ADAKAN BIMTEK PENGELOLAAN JURNAL, DEKAN: KITA SUDAH PIKIRKAN PENERBITAN JURNAL PER PRODI TAHUN 2023
Diposting : Selasa, 19 Jul 2022, 08:28:28 | Dilihat : 322 kali
ADAKAN BIMTEK PENGELOLAAN JURNAL, DEKAN: KITA SUDAH PIKIRKAN PENERBITAN JURNAL PER PRODI TAHUN 2023


Media Center- Guna pengembangan dan penguatan penerbitan jurnal, Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember adakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal dengan tema “Tata Kelola Jurnal Standar Akreditasi”.

Acara yang berlangsung pada Senin, 18/07 bertempat di Aula VIP Lantai 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember itu menghadirkan Muhammad Yunus, M. Kom. selaku dosen Politeknik Negeri Jember yang juga Ketua Forum Pengelola Jurnal (Formal) dan Co. Founder Indonesian Journal Publisher (Id Publishing).

Pada sambutannya, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mengungkapkan bahwa, berangkat dari keinginan pada setiap program studi memiliki jurnal terakreditasi hingga scopus, maka acara ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan.

“Kita sudah pikirkan untuk terbitnya jurnal baik di Fakultas dan program studi di tahun 2023 nanti,” ungkap Prof. Harisudin yang juga Ketua PP APHTN HAN.

Pelatihan ini dilakukan dengan dua sesi yaitu penyampaian materi dan praktik submit hingga publish oleh pengelola. Peserta yang hadir dalam acara ini terdiri dari mahasiswa, alumni, dosen dan pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Secara khusus, acara ini dipersiapkan untuk pengelola jurnal Constitution yang akan segera dilaunching untuk edisi pertama pada tahun 2022 dan mempersiapkan SDM unggul sedini mungkin.

“Di Fakultas Hukum luar sana ada yang memiliki hingga 14 jurnal dan terdapat 1 terindeks scopus. Kita akan belajar untuk mencapai titik itu,” lugas Prof. Harisudin yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN Seluruh Indonesia.

Dalam materi, Yunus sapaan akrabanya mengungkapkan bahwa suksesnya suatu jurnal ditentukan oleh kedisiplinan dalam mengelola. Baginya, dalam menata jurnal baru banyak yang harus dipenuhi sebelum proses akreditasi oleh asesor. Contohnya, konsistensi jumlah publikasi hingga template yang digunakan.

“Pengelola setidaknya butuh 7 peran hingga proses publish yaitu aithor, editor, section editor, reviewer, copy editor, layout editor dan proofreader,”tambah Yunus.

Dalam mengelola jurnal, bagi Yunus terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi seperti, pada proses review harus dipenuhi pada proses review, kerincian dan kerapian pedoman, konsitensi penyuntingan, teliti dan rapi dan mencamtumkan minimal 15 referensi hingga kunjungan unik dari berbagai negara.

“Mempersiapkan akreditasi perlu mengimplementasikan pedoman akreditasi, membaca komentar asesor, menyediakan informasi detail dan lakukan evaluasi,” pungkasnya.

 

Reporter : Ali Akbar Masyayih

Editor : Nury Khoiril Jamil

Berita Terbaru

Landmark Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Elemen Pembentuk Identitas dan Kebanggaan Menuju Fakultas Cendekia, Progresif, Mencerahkan
24 Sep 2024By syariah
Cegah Cyberbullying, Puskapis Fakultas Syariah Gelar Seminar Hukum Hadirkan Ketua Asosiasi Psikologi Islam Jateng
22 Sep 2024By syariah
Prodi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalani Asesmen Lapangan Targetkan Akreditasi Unggul
21 Sep 2024By syariah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;